in ,

Benarkah Fintech Dorong Investasi Pasar Modal?

Benarkah Fintech Dorong Investasi Pasar Modal?
FOTO: IST

Mungkin kata “fintech” sudah tidak asing di telinga masyarakat. Bagi sebagian besar masyarakat modern, fintech telah berperan besar dalam transaksi digital, baik di e-commerce, pembayaran di toko atau restoran, hingga investasi.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), financial technology (fintech) didefinisikan sebagai perusahaan yang melakukan jasa keuangan dengan menggunakan teknologi. Fintech digunakan untuk menggambarkan teknologi modern yang berupaya meningkatkan kualitas penggunaan layanan keuangan. Intinya, fintech digunakan untuk membantu perusahaan dan konsumen untuk mengelola keuangan dengan memanfaatkan perangkat lunak dan algoritma yang digunakan pada komputer maupun smartphone.

Fintech mengalami perkembangan yang pesat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2007, pengguna fintech di seluruh dunia hanya 7% dari total perusahaan. Kemudian fintech berkembang secara signifikan sehingga angka pengguna terus meningkat menjadi 20% pada tahun 2011 dan terus meningkat hingga mencapai 78% pada tahun 2017 dengan merambah sebanyak 135-140 perusahaan secara global. Tercatat pada tahun 2017, total nilai transaksi fintech di Indonesia sendiri diperkirakan mencapai Rp202,77 triliun.

Baca Juga  OJK: Sektor Keuangan Sehat, Kita Segera Pulih

Fintech berperan besar dalam operasi keuangan sehari-hari banyak masyarakat, terutama di daerah perkotaan. Banyak restoran dan toko yang sudah menyediakan fintech sebagai media transaksi, contohnya pembayaran melalui GoPay yang dibawahi oleh Gojek. Pembayaran yang efektif dan efisien menjadi insentif untuk mendorong masyarakat menggunakan fintech guna mendorong kemajuan teknologi di bidang keuangan. Ditambah lagi dengan berbagai promo yang ditawarkan oleh penyedia layanan fintech serta imbauan pemerintah agar masyarakat bertransaksi secara cashless.

Adanya fintech mendorong perluasan di bidang startup teknologi. Indonesia sendiri telah memiliki lima perusahaan unicorn baru pada tahun 2021 yang tak terlepas dari peran fintech. Bisnis fintech yang menjanjikan membuat banyak startup berlomba-lomba untuk mengaplikasikan teknologi ini di dalam produk mereka.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0