in ,

Berbagai Pilihan Instrumen Investasi dalam Fintech

Berbagai Pilihan Instrumen Investasi dalam Fintech
FOTO: IST

Sejak 11 November lalu, dilakukan rangkaian acara webinar dalam rangka Bulan Fintech Nasional. Acara ini akan dilakukan hingga 12 Desember 2021 nanti. Pada 2 Desember lalu diangkat tema “Fintech Talk: #CatatanSiFintech: Ragam Peluang Investasi dalam Platform Fintech”. Acara ini menghadirkan beberapa panelis yang relevan untuk berdiskusi mengenai beragam pilihan instrumen investasi dalam platform Fintech.

Dickie Widjaja selaku Wakil Sekretaris Jenderal dari Asosiasi Fintech Indonesia dalam pernyataan pembukanya mengatakan bahwa jumlah investor di Indonesia meningkat pesat. Fakta unik lainnya adalah jumlah investor tersebut didominasi oleh investor milenial.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Mohammad Rudy Salahuddin mengatakan bahwa Fintech diharapkan menjadi solusi investasi bagi masyarakat Indonesia di era digital ini. Ekonomi digital merupakan kekuatan baru perekonomian nasional.

Baca Juga  Abu Dhabi (ADIA) Investasi ke GoTo Sebesar Rp 5,7 Triliun

Berdasarkan studi Google, Temasek, dan Bain & Company tahun 2021, nilai ekonomi digital Indonesia, diproyeksikan sebagai yang terbesar di Asia Tenggara, yaitu mencapai US$ 70 miliar atau tumbuh sekitar 49% dari tahun sebelumnya.

Hal ini menunjukkan bahwa peluang ekonomi digital di Indonesia sangat baik, didukung juga oleh jumlah penduduk Indonesia yang termasuk terbanyak di dunia dengan bonus demografi. Tingkat penetrasi internet di Indonesia juga mencapai 76,8%.

Beliau juga menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 merupakan akselerator pergeseran perilaku masyarakat dan perubahan model bisnis yang mengadopsi transformasi digital dan sistem keuangan digital. Kehadiran sektor jasa keuangan digital (Fintech) menumbuhkan aspek ekonomi digital secara signifikan. Investasi pada platform digital mencapai 38,7% dari total investasi di Asia Tenggara pada 2020.

Baca Juga  Pemerintah-Asosiasi Fintech Dongkrak Inklusi Keuangan

Perkembangan investor di pasar modal cukup signifikan naiknya. Per akhir November 2021, jumlah investor sudah mencapai 7,1 juta atau sekitar 85% pertumbuhannya dari tahun sebelumnya. Pemanfaatan Teknologi Informasi memberikan investor kemudahan untuk berinvestasi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0