in ,

Menguntungkan Investasi Reksa Dana, Emas, atau Kripto?

Menguntungkan Investasi Reksa Dana, Emas, atau Kripto
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Saat ini investasi sudah menjadi salah satu pos anggaran prioritas. Ada beberapa instrumen investasi yang dapat menjadi pilihan, yakni saham, reksa dana, emas, dan aset kripto.

Chief Investment Officer PT Jagartha Penasihat Investasi (Jagartha Advisors) Erik Argasetya mengatakan, pandemi merupakan momentum yang tepat untuk disiplin berhemat dan investasi. Krisis yang terjadi di tahun lalu dapat mengajarkan pentingnya memiliki tabungan atau investasi.

“Pandemi seharusnya membuat masyarakat Indonesia mengubah perilaku konasumtif. Selama hampir setahun kita lebih terbiasa hemat enggak perlu ke restoran, nonton, ngopi. Pandemi adalah momentum bagi masyarakat untuk berinvestasi dan menabung. Tentu tanpa mengorbankan pengeluaran rutin dan mendasar” kata Erik kepada Pajak.com, pada (2/5).

Baca Juga  IHSG Menguat, Ini Rekomendasi Saham Bulan Maret

Langkah awal untuk memulai berinvestasi adalah memilih intrumen jenis investasi berdasarkan hasil analisis, kondisi keuangan, dan kebutuhan berinvestasi (jangka pendek atau jangka panjang). Berikut pilihan instrumen investasinya.

Pertama, saham bisa memberikan keuntungan sangat besar untuk investor, keuntungan bisa naik sampai 30 persen dalam sebulan. Namun, menurut Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho risikonya juga bisa sangat besar. Saham menjadi kian menarik saat ini karena memiliki pilihan saham dan harga yang beragam. Mulai dari Rp 50 per lembar sampai puluhan ribu saja.