in ,

Tiga Tantangan BI Distribusikan Uang Layak Edar

Tiga Tantangan BI Distribusikan Uang Layak Edar
FOTO: IST

Pajak.com, Padang – Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim mengatakan, saat ini Bank Indonesia (BI) menghadapi tiga tantangan besar dalam pendistribusian uang layak edar ke seluruh wilayah Indonesia. Hal ini diungkapkan Marlison pada acara pelepasan kas keliling wholesale ke pulau Terdepan, Terluar dan Terpencil (3T) bekerja sama antara BI dengan TNI Angkatan Laut di Dermaga Pelabuhan Teluk Bayur, Padang pada Minggu (21/11/21).

Marlison menjelaskan, BI diberikan amanah untuk mengedarkan uang ke seluruh NKRI dan memastikan tersedia dalam jumlah yang cukup dan layak edar, ketiga tantangan distribusi uang itu menurutnya adalah kondisi geografis yang terdiri atas ribuan pulau, perilaku masyarakat memperlakukan uang, dan kemungkinan penggunaan mata uang asing.

Baca Juga  IHSG di Zona Hijau usai Pengumuman PPKM Darurat

Marlison juga menegaskan, peredaran rupiah bukan hanya sebatas alat tukar, tetapi juga dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI. Karenanya, meski terdapat keterbatasan transportasi dan infrastruktur dalam menjangkau seluruh wilayah, hal itu tidak menghalangi BI memastikan tersedianya uang di seluruh wilayah Indonesia.

“Ini mendorong kami harus mampu mengedarkan uang hingga ke seluruh wilayah karena sepanjang ada tanah pertiwi di situ rupiah harus hadir dengan bekerja sama dengan berbagai pihak,” kata Marlison.

Adapun tantangan terkait perilaku masyarakat memperlakukan uang, Marlison membeberkan, tingkat pendidikan masyarakat yang masih beragam yang juga berpengaruh kepada perilaku memperlakukan uang rupiah. Menurutnya, hingga saat ini uang tidak layak edar, jelek, lusuh dan kusam masih tinggi dijumpai di masyarakat karena memperlakukan uang kurang baik. Untuk meminimalisasi hal ini, BI pun telah melakukan kampanye dan edukasi cinta bangga dan paham dengan rupiah.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0