in ,

Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Percepat Distribusi Logistik

Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Percepat Distribusi Logistik
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan enam ruas jalan tol dalam kota segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang, pada Senin (23/8). Ia berharap jalan tol ini dapat mengakselerasi proses distribusi logistik, sehingga meningkatkan daya saing komoditas dalam negeri.

“Alhamdulillah, pada hari ini Jalan Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 kilometer telah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan distribusi logistik. Jalan tol ini juga terkait dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan juga terhubung dengan Pelabuhan Tanjung Priok, sehingga akan memperkuat, meningkatkan daya saing kita. Dan juga utamanya mobilitas orang di Jakarta akan semakin baik, mobilitas barang antara Kota Jakarta dengan sekitarnya juga akan semakin baik,”jelas Jokowi dalam acara peresmian tol yang dilakukan di Gerbang Tol Cakung, Jakarta Timur.

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

Ia mengatakan, Tol Kelapa Gading–Pulo Gebang melengkapi jalan tol di kawasan metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), yang merupakan bagian dari lingkar dalam Jakarta dan lingkar luar Jakarta atau outer ring road (JORR). Pembangunan ini telah tertuang dalam Proyek Strategis Nasional sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 56 Tahun 2018. Enam ruas jalan tol itu direncanakan akan dibangun sepanjang 69,78 kilometer (km) yang terbagi dalam tiga tahap. Tol Kelapa Gading–Pulo Gebang masuk dalam pembangunan tahap pertama.

Selain itu, Jokowi menekankan pentingnya skema pembiayaan infrastruktur yang menggunakan bauran pendanaan antara pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan swasta. Seperti diketahui, skema ini telah digunakan untuk pembangunan Tol Kelapa Gading–Pulo Gebang.

Baca Juga  Catat! Jadwal Rekayasa Lalin Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *