in ,

Syarat dan Cara Mendaftar Beasiswa LPDP 2022

Syarat dan Cara Mendaftar Beasiswa LPDP 2022
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi membuka program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2022, pada (25/2). Menurutnya, ini merupakan kesempatan baik bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan secara gratis sekaligus berkontribusi membangun bangsa. Pajak.com akan menguraikan secara lengkap syarat dan cara mendaftar Beasiswa LPDP 2022.

Namun, sebelum itu, perhatikan jadwal seleksi yang dilakukan LPDP di tahun ini. Ada tiga tahap seleksi, pertama, pendaftaran akan dimulai 25 Februari sampai dengan 27 Maret 2022. Seleksi administrasi dilakukan pada 28 Maret 2022, sementara hasil pengumuman akan disampaikan pada 12 April 2022.

Kedua, seleksi bakat skolastik yang akan dilaksanakan 18 April 2022. Lalu hasil seleksi bakat skolastik diumumkan pada 27 April 2022. Ketiga, seleksi substansi akan dilaksanakan pada 16 Mei–25 Juni. Lalu, hasil akhir seleksi penerima beasiswa LPDP akan disampaikan pada 30 Juni 2022.

Baca Juga  BRI dan Mandiri Suntik Dana Rp 143 Miliar ke Ayoconnect

Berikut persyaratan umum Beasiswa LPDP untuk perguruan tinggi utama dunia (PTUD):

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister (S2), program magister untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor, dengan catatan sebagai berikut; Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT); perguruan tinggi kedinasan dalam negeri; perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kedutaan Besar Indonesia di negara asal perguruan tinggi.
  3. WNI yang telah menyelesaikan studi S2 tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan WNI yang telah menyelesaikan S3 tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.
  4. Tidak sedang menempuh studi (on going) S2 atau S3, baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.
  5. Melampirkan surat rekomendasi dari akademisi bagi yang belum bekerja atau dari atasan bagi yang sudah bekerja.
  6. Memilih perguruan tinggi tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP beasiswa, yaitu hanya diperuntukkan untuk kelas regular.
  7. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online.
  8. Menulis personal statement (tidak ada format khusus).
  9. Menulis komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia pascastudi.
  10. Menulis proposal penelitian untuk doktor.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0