in ,

Sri Mulyani Siapkan APBN Tangani Erupsi Gunung Semeru

Sri Mulyani Siapkan APBN Tangani Erupsi Gunung Semeru
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menginstruksikan seluruh jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) untuk membantu penanganan bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dukungan APBN dan TKDD itu juga disiagakan untuk menghadapi penanganan bencana alam erupsi Gunung Semeru yang berpotensi meningkat menjelang akhir tahun dan awal tahun 2022.

Seperti diketahui, erupsi Gunung Semeru diawali dengan guguran awan panas yang meluncur di wilayah Lumajang pukul 13.30 WIB, Sabtu (4/12). Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), seismogram amplitudo mencatat angka maksimum 25 milimeter saat erupsi terjadi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis, korban meninggal akibat bencana ini sebanyak 14 orang per 17.30 WIB, Minggu (5/12).

Baca Juga  MIND ID Cetak Laba Rp 1,8 Triliun Tahun 2020

“Saya meminta jajaran Kemenkeu untuk bersiaga dalam mekanisme dukungan anggaran APBN maupun TKDD dalam menghadapi bencana alam yang berpotensi meningkat menjelang akhir tahun dan awal tahun. Mari berdoa untuk keselamatan seluruh rakyat di sekitar Gunung Semeru, “tulis Sri Mulyani seperti dikutip dari akun Instagramnya, yang dikutip Pajak.com, pada (6/12).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan segenap jajarannya untuk bergerak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat dalam menghadapi erupsi Gunung Semeru. Hal itu disampaikan melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno.

“Bapak Presiden memerintahkan agar bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat sangat singkat,” kata Pratikno melalui YouTube Sekretariat Presiden, pada (5/12).

Baca Juga  PPKM Darurat, Anggaran Kesehatan Rp 193,93 Triliun

Menteri BUMN, Erick Thohir pun langsung menginstruksikan jajarannya untuk menyalurkan bantuan untuk para korban. Bantuan itu antara lain berupa 12 unit mobil evakuasi, air mineral, masker, makanan siap saji, selimut, dan 245 paket survival kit. Seluruhnya telah tiba di tiga desa yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Saya berharap bantuan yang dikoordinir BUMN itu dapat membantu para pengungsi dan juga meringankan pemda (pemerintah daerah) setempat dalam menghadapi bencana ini,” kata Erick.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0