in ,

Pemulihan Ekonomi Melalui Kebijakan Reformasi Struktural

Pemulihan Ekonomi Melalui Kebijakan Reformasi Struktural
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengemukakan, transformasi ekonomi merupakan salah satu langkah untuk menopang basis pertumbuhan ekonomi yang sehat. Menurutnya, pemulihan dan transformasi ekonomi yang dilakukan melalui kebijakan reformasi struktural perlu berjalan beriringan dalam mengakselerasi kegiatan di sektor rill, sekaligus kembali menggairahkan kinerja ekonomi ke lintasan pertumbuhan potensialnya.

“Kebijakan reformasi struktural juga akan melengkapi perspektif pemulihan yang kita bangun, tidak saja di jangka pendek tapi pada dimensi jangka menengah panjang,” kata Dody dalam pembukaan diskusi publik BI-ISEI (Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia) Kawasan Timur Indonesia secara virtual, Rabu (28/7).

Kebijakan jangka menengah panjang, lanjut Dody, akan diarahkan untuk memperkuat struktur pertumbuhan ekonomi melalui berbagai upaya yang sejalan dengan pembukaan aktivitas ekonomi secara bertahap oleh pemerintah.

Baca Juga  UMKM Perempuan Harus Memanfaatkan Teknologi Digital

“Bagaimana kita akan melihat peningkatan nilai tambah dengan melakukan diversifikasi pertumbuhan, dan mencari sumber-sumber pertumbuhan ekonomi yang baru serta memanfaatkan tren digitalisasi di semua aspek kehidupan,” imbuhnya.

Dody bilang, bicara keberhasilan pemulihan ekonomi jangka menengah panjang melalui reformasi ekonomi struktural kuncinya adalah bagaimana investasi harus tumbuh untuk terus meningkatkan kapasitas perekonomian dan meningkatkan pertumbuhan potensial ekonomi Indonesia.

“Paling tidak, kunci dari keberhasilan kebijakan penguatan investasi ini akan bergantung pada upaya penguatan kualitas faktor produktivitas, sumber daya manusia, dan kapital sebagai modal dasar perbaikan output perekonomian,” tambahnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings