in ,

Pemulihan Ekonomi Melalui Kebijakan Reformasi Struktural

Dody menjelaskan, dari sisi produktivitas perlu upaya peningkatan output agar berada di atas rata-rata historis yang telah dicapai selama ini. Tentunya, ini dilakukan dengan berbagai kebijakan yang saat ini tengah maupun akan dilakukan pemerintah melalui perbaikan infrastruktur, proyek-proyek infrastruktur strategis nasional, penguatan riset untuk meningkatkan inovasi dan reformasi birokrasi, serta pemanfaatan digitalisasi sebagai bagian dari peningkatan produktivitas nasional.

“Pengukuran terhadap produktivitas dibandingkan output juga perlu senantiasa direvaluasi dari hitungan saat ini, sehingga hasilnya bisa dikonversi tidak hanya dari sisi kuantitas tetapi juga kualitas pekerjaan,” katanya.

Dari sisi sumber daya manusia, Dody mengemukakan bahwa upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata perlu dukungan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan tenaga kerja.

Baca Juga  XL Axiata Raih Sertifikat “Carbon Disclosure Project”

“Kualitas SDM dan tenaga kerja memegang peranan penting dalam peningkatan daya saing, sejalan dengan penggunaan teknologi digital dan automasi yang semakin luas di kalangan industri. Pemenuhan skills yang dibutuhkan industri kini semakin meningkat di level keterampilan yang tinggi, sejalan dengan penggunaan teknologi digital dan automasi yang semakin luas di kalangan industri,” jelasnya.

Ditulis oleh

Baca Juga  BI Siapkan Rp 197 T untuk Penukaran Selama Ramadan dan Idulfitri

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *