in ,

Kementerian/Lembaga RI Siap Sukseskan Presidensi G20

Sementara di area Finance Track (Jalur Keuangan) yang dikoordinasikan oleh Kementerian Keuangan dan Bank Sentral, pembahasan akan berfokus pada isu makroekonomi, fiskal, moneter dan keuangan. Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengemukakan, G20 memiliki peranan yang sangat strategis dalam membahas berbagai isu global yang dapat mengancam pertumbuhan dan perekonomian serta stabilitas ekonomi dan keuangan.

Dari segi keanggotaan, G20 terdiri dari kombinasi negara maju dan berkembang—secara keseluruhan negara-negara G20 merupakan 66 persen populasi dunia yang menguasai 85 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dunia.

“Prakarsa global G20 secara nyata diwujudkan dalam menangani tantangan global antara lain penanganan krisis, arsitektur keuangan internasional, perdagangan internasional, pengembangan infrastruktur, perpajakan internasional dan penguatan Global Partnership,” ucap bendahara negara ini.

Baca Juga  PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 9 Agustus 2021

Lebih lanjut, melalui tema “Pulih Bersama”, Sri Mulyani mengatakan negara-negara G20 ini akan membahas bagaimana strategi dan cara untuk dunia keluar dari pandemi.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menambahkan, untuk mendorong pemulihan ekonomi dunia yang merata dan pertumbuhan ekonomi yang makin kuat dan berkelanjutan, maka Presidensi Indonesia akan mengangkat sejumlah agenda prioritas di Jalur Keuangan.

Pertama, bagaimana melindungi negara-negara berkembang dari efek limpahan yang ditimbulkan oleh normalisasi kebijakan di negara-negara maju. Kedua, bagaimana membantu berbagai sektor yang paling terdampak oleh pandemi melalui penguatan efisiensi dan produktivitas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Ketiga, prinsip-prinsip yang perlu menjadi acuan dalam pengembangan uang digital yang diterbitkan oleh bank sentral (Central Bank Digital Currency). Lalu, keempat bagaimana memperkuat sistem pembayaran untuk transaksi pembayaran lintas negara secara lebih cepat, murah, dan aman,” ungkap dia.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *