in ,

Indonesia dan Maroko Bahas Kerjasama Ekonomi Kreatif

Indonesia dan Maroko Bahas Kerjasama Ekonomi Kreatif
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno melakukan pertemuan dengan Duta Besar Maroko untuk Indonesia, Ouadiâ Benabdellah, tujuan pertemuan ini membahas potensi kerjasama di sektor ekonomi kreatif. Selain itu, kedua negara ini juga membahas potensi kerjasama pada penyelenggaraan acara internasional.

Sandiaga mengatakan, sebelumnya Indonesia dan Maroko belum memiliki kesepakatan kerjasama di sektor ekonomi kreatif. Sehingga, ia berharap dengan adanya pertemuan ini bisa terjalin kerjasama sehingga nantinya akan mempererat hubungan bilateral antar-kedua negara, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Mudah-mudahan kita bisa bekerjasama dan saling berkolaborasi dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di kedua negara. Serta dapat membantu mempromosikan dan menghadirkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan,” ujarnya di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenparekraf, Jumat (26/11).

Baca Juga  Lippo Karawaci Libatkan Mitra Strategis dalam Menerapkan ESG

Sandiaga mengungkapkan, Maroko merupakan salah satu negara yang memberikan kontribusi pariwisata terbesar untuk Indonesia, mulai dari kuantitas hingga spending money.

“Tercatat, sebelum pandemi COVID-19, kunjungan wisatawan Maroko ke Indonesia pada tahun 2017 mencapai 11 ribu orang,” imbuhnya.

Duta Besar Maroko untuk Indonesia, Ouadiâ Benabdellah menyampaikan, wisatawan Maroko memiliki kesamaan dengan wisatawan Indonesia, yakni cenderung  tinggal cukup lama dan membeli produk ekonomi kreatif.

“Indonesia dan Maroko ini punya kesamaan saat berwisata, mereka datang stay yang cukup lama, lalu sama-sama senang membeli produk kerajinan tangan khas di negara tersebut, dan pulang dengan banyak koper untuk dibagi-bagikan ke kerabatnya,” ujar Ouadiâ.

Lebih lanjut, Ouadiâ menyampaikan bahwa pada tahun 2019, kesenian sahrawi Maroko hadir dalam pembukaan Pameran Internasional Kerajinan Kreatif 2019.

Baca Juga  Jokowi Apresiasi BRI dalam Pengembangan UMKM

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *