in ,

Kemenparekraf Salurkan Dana Rp 114 M untuk Industri Film

Kemenparekraf Salurkan Dana Rp 114 M untuk Industri Film
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat, dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) subsektor industri film yang telah tersalurkan hingga saat ini mencapai Rp 114,883 miliar, dan diproyeksi menyerap tenaga kerja langsung atau tenaga kerja kreatif sebanyak 14.671 pekerja. Sementara total dana anggaran PEN tahun 2021 yang disalurkan untuk subsektor industri film adalah sebesar Rp 136,5 miliar.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, PEN subsektor industri film ditujukan untuk mendorong produksi film nasional dan menghasilkan film yang berkualitas, sehingga menjadi magnet bagi masyarakat untuk kembali ke bioskop sekaligus mendorong kecintaan masyarakat terhadap film nasional.

Baca Juga  Kembangkan Gula Cair, Indonesia Bisa Swasembada Gula

“Pulihnya kepercayaan masyarakat pada bioskop di tengah pandemi harus ditingkatkan dengan memperbanyak produksi film nasional berkualitas, sehingga penonton memiliki banyak pilihan,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima Pajak.com, Kamis (9/12).

Ia bilang, film menjadi pilihan untuk percepatan pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19, karena selain produk subsektor ekonomi kreatif ini menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar; multiplier effect-nya juga mendongkrak ekonomi serta kontribusinya terhadap perekonomian (PDB).

Setali tiga uang, dana PEN film dimanfaatkan oleh rumah produksi untuk memproduksi film pendek, film dokumenter, maupun film layar lebar yang dipastikan melibatkan banyak tenaga kerja langsung atau tenaga (pekerja) kreatif.

“Mulai dari produser, sutradara, penulis skenario, penata kamera, penata artistik, penata musik, editor, pengisi dan penata suara, hingga aktor-aktris. Sedangkan tenaga kerja tidak langsung seperti katering, kru film, kendaraan film, hingga pekerja bioskop yang jumlahnya mencapai ratusan ribu,” imbuhnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0