in ,

Menparekraf: Zerocov Harapan Pemulihan Ekonomi Kreatif

Menparekraf: Zerocov Harapan Pemulihan Ekonomi Kreatif
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, mesin Zerocov alias Zero Covid bisa menjadi harapan dan game changer yang akan mempercepat upaya pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pasalnya, selain bisa menghambat laju penularan virus korona, Zerocov yang akan diproduksi secara massal dapat membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan yang akan mempercepat upaya pemulihan ekonomi kreatif.

Zerocov merupakan alat sanitasi udara produk anak bangsa yang mengombinasikan tiga teknologi yaitu disinfektan, sinar ultraviolet, dan ion negatif. Alat tersebut diklaim tidak hanya melindungi manusia secara defensif tetapi juga menyerang mikroorganisme seperti virus atau bakteri secara aktif, sehingga efektif membasmi mikroorganisme.

Baca Juga  Airlangga Tegaskan Rencana Aksi Kelapa Sawit Berkelanjutan

“Zerocov adalah hasil pengembangan invensi oleh Wirawan Darmana, inventor sekaligus pemilik dari peternakan ayam di Ciawi, Jawa Barat, yang pada tahun 2004 mengembangkan alat inovasi yang menerapkan sistem disinfektan dan sinar ultraviolet demi melindungi ayamnya saat krisis flu burung melanda,” ungkapnya saat menerima mesin Zerocov dari Kemenristek/BRIN, di Gedung Sapta Pesona, dikutip Pajak.com, Minggu (26/12).

Sandiaga menuturkan, pada tahun 2020 Wirawan kembali mengembangkan alat itu bersama periset dan peneliti dari Pusat Riset Elektronika dan Telekomunikasi dan Loka Penelitian Teknologi Bersih, Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Teknik BRIN. Tujuannya tidak lain demi memitigasi penyebaran Covid-19.

Wirawan, lanjut Sandiaga, kemudian menguji coba alat itu di salah satu gereja tempat ia beribadah, dan rupanya selama pandemi Covid-19 tidak ada transisi lokal didapatkan di sana.

Baca Juga  8 Poin Penting dalam Proses Pengajuan Izin Usaha

“Saya kira ini bisa menyasar di tempat ibadah lainnya. Di sinilah game changer-nya, kita ingin lebih sehat pascapandemi, ingin masyarakat kita lebih kuat, inilah yang sangat membanggakan,” ujar Sandiaga.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *