in ,

Kemenparekraf: Target di 2022 Kunjungan Wisman 3,6 Juta

Kemenparekraf: Target di 2022 Kunjungan Wisman 3,6 Juta
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 1,8 juta sampai 3,6 juta orang di tahun 2022. Target Kemenparekraf dipatok lebih rendah dari realisasi kunjungan wisman ke tanah air pada 2020 sebesar 4,05 juta orang, dan lebih besar dari realisasi kunjungan wisman pada 2021 yang mencapai 1,5 juta orang.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyebut, meskipun di tahun 2022 terdapat berbagai macam kegiatan atau event internasional yang ada di tanah air seperti pertemuan G20 hingga MotoGP, target kunjungan wisman akan difokuskan dengan mengusung konsep pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

“Jumlah wisman ini dulu menjadi jumlah yang selalu kita kejar dari segi angka, tapi kali kita fokuskan di pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Sedangkan wisatawan nusantara ini yang menjadi andalan dengan target 260-280 juta pergerakan dan nilai tambah ekonomi kreatif mencapai Rp 1.236 triliun,” jelasnya saat kegiatan Jumpa Pers Akhir Tahun 2021 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, dikutip Rabu (29/12).

Baca Juga  LPEM FEB UI Berharap BI Pertahankan Suku Bunga Acuan

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Kurleni Ukar menambahkan, pihaknya sepakat dengan BAPPENAS untuk tidak memasang target yang tinggi. Namun, diharapkan acara-acara internasional tersebut  akan meningkatkan devisa bagi negara.

Pihaknya akan mendorong kontribusi sektor MICE dan wisata minat khusus di tahun depan akan mengambil porsi sekitar 23 persen, sedangkan wisata secara umum akan mengambil porsi sekitar 63-65 persen.

“Kebijakan pembukaan border ini masih menjadi kendala, kemudian masalah terkait aksesibilitas dan kemudahan untuk masuk ke Indonesia,” sambung Kurleni.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0