in ,

Menparekraf Optimistis Capai Target Devisa Pariwisata

Menparekraf Optimistis Capai Target Devisa Pariwisata
FOTO : IST

Pajak.comJakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis target penerimaan devisa negara dari sektor pariwisata sebesar 370 juta dollar AS tahun ini dan target tahun depan yang mencapai 1,7 miliar dollar AS dapat terealisasikan. Sebagaimana diketahui, target tahun ini telah beberapa kali direvisi oleh Kemenparekraf mengingat keadaan sektor pariwisata yang masih tertekan di tengah ketidakpastian dalam masa pandemi Covid-19.

Awalnya, pemerintah menetapkan target devisa dari sektor pariwisata sebesar sebesar 4,8 miliar dollar AS hingga 8,5 miliar dollar AS. Target itu kemudian dikoreksi pada Juni lalu menjadi berada di kisaran 300 juta dollar AS hingga 410 juta dollar AS.

Baca Juga  Ridwan Kamil Luncurkan Aplikasi Sapawarga

Sandiaga mengemukakan bahwa capaian pendapatan sektor pariwisata hingga tahun ini akan dititikberatkan pada kunjungan wisatawan nusantara, walau diprediksi akan pulih seluruhnya pada tahun depan.

“Kami memprediksi bahwa tahun ini kita akan mencapai target dan tahun depan target yang sudah disetujui akan kami wujudkan, realisasikan. Tentunya upaya untuk meningkatkan kualitas dari belanja para wisatawan dan juga lama tinggal dari para wisatawan, serta bagaimana produk ekonomi kreatif menjadi pencipta lapangan kerja,” katanya saat Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (8/11).

Sandiaga mengatakan, berdasarkan data BPS yang baru dirilis menunjukkan adanya penciptaan lapangan kerja baru berkualitas sehingga menurunkan tingkat pengangguran. Ia memastikan kalau 70 persen dari pekerjaan baru dan kualitas itu ada di sektor Parekraf.

Baca Juga  Mantan Pendiri “Startup” Kurang Laku di Bursa Kerja

Dengan adanya pengendalian Covid-19 yang menunjukkan grafik dan capaian yang baik, Sandi memandang ini menjadi satu hal positif bagi Indonesia sekaligus menjadi pengingat agar tidak lengah sehingga laju roda perekonomian di sektor Parekraf kembali berjalan normal.

“Kita harus tetap waspada dan berhati-hati, termasuk juga dalam penyelenggaraan kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif. Harapan kita, lapangan kerja akan semakin terbuka luas dan target kita tahun depan adalah kontribusi Parekraf dalam peningkatan lapangan kerja,” ucapnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *