in ,

Sandiaga Ajak Dosen dan Mahasiswa Pulihkan Parekraf

Sandiaga Ajak Dosen dan Mahasiswa Pulihkan Parekraf
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para dosen, dan mahasiswa Universitas Terbuka (UT) untuk membantu memulihkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang terdampak pandemi Covid-19.

“Sandiaga mengajak mahasiswa untuk terlibat memulihkan pariwisata dan ekonomi kreatif, dosen-dosen dan profesor ciptakan solusi-solusi dengan basis kearifan lokal dan juga dengan basis berwawasan global. Tingkatkan kompetensi mahasiswa dan ayo percepat memulihkan kembali sektor parekraf dan pertumbuhan ekonomi,” ujar Sandiaga saat menjadi pembicara di acara YES Goes to Campus Universitas Terbuka yang digelar secara virtual, Sabtu (8/7).

Sandiaga mengemukakan, sebanyak 98 persen pelaku ekraf di Indonesia telah terdampak pandemi Covid-19. Sebanyak 70 persen pelaku ekraf mengalami penundaan dalam pelaksanaan projek, 67 persen pelaku ekraf mengalami penurunan penjualan, dan hanya 8 persen pelaku ekraf mengaku mengalami penambahan omzet.

Baca Juga  Presiden Dorong Sektor Produksi Melalui Hilirisasi Industri

Maka itu, Sandiaga bilang bahwa upaya yang bisa dilakukan untuk membangkitkan sektor parekraf di masa pandemi Covid-19 yakni dengan berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi. Apalagi, menurut Sandiaga, perguruan tinggi memiliki peran yang penting di masa pandemi Covid-19 di antaranya dalam hal riset dan memperoleh data, kolaborasi pentahelix, mendorong solusi-solusi lokal, serta memperkuat kapasitas masyarakat.

“Sinergi perguruan tinggi ini juga memperkuat kompetensi mahasiswa, dosen, peneliti, dan masyarakat. Sehingga hal ini dapat mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional,” ujarnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0