in ,

Pariwisata Jadi Fokus Utama Rencana Kerja Pemerintah

Pariwisata Jadi Fokus Utama Rencana Kerja Pemerintah
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, sektor pariwisata menjadi fokus utama dalam rencana kerja pemerintah (RKP) di tahun 2021-2022 seiring dengan pemulihan nasional dan global.

Dalam Rencana Kerja Pemerintah tahun 2022, pemulihan pasar dan industri parekraf, serta diversifikasi pariwisata dan peningkatan nilai tambah ekraf yang akan menjadi prioritas,” kata Sandiaga saat Rapat Koordinasi Nasional Parekraf tahun 2021, secara virtual, Senin (27/9).

Sandiaga menekankan, rekomendasi dan rencana tindak lanjut atau strategi dalam pemulihan pertumbuhan ekraf pada periode tersebut memerlukan kolaborasi dan dukungan dari seluruh pihak dalam mendorong peluang usaha agar dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Baca Juga  JAFEST 2021 Jadi Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional

“Tujuannya adalah untuk sinkronisasi dan harmonisasi program pemulihan lintas sektor agar tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat manfaat. Kedua, kolaborasi dengan aksi percepatan pemulihan atau gerak bersama dan gerak cepat, dan mewujudkan peluang usaha untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” urainya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan tiga pilar utama yang sering disampaikannya dalam pemulihan parekraf, yakni kolaborasi dengan Pentahelix untuk mendorong pengembangan potensi pelaku ekraf, sinergi dengan sektor lain agar membuka peluang keleluasaan lapangan kerja dan pertumbuhan usaha.

“Ketiga, adaptasi yaitu menerapkan prokes yang disiplin dalam bingkai CHSE yang terintegrasi dengan Peduli Lindungi dan vaksinasi, serta revitalisasi destinasi wisata dan infrastruktur ekraf,” pungkasnya.

Baca Juga  Sri Mulyani: UU HKPD dan UU HPP Legislasi Penting

Di kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan, pihaknya melalui APBN siap mendukung sektor pariwisata dan perekonomian Indonesia secara keseluruhan agar bisa bangkit.

“Kami di Kementerian Keuangan menggunakan instrumen APBN akan selalu berpihak untuk bisa mendukung pemulihan masyarakat dan ekonomi, termasuk sektor pariwisata yang sangat penting bagi masyarakat,” jelasnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0