in ,

Bukalapak Berbagi Kiat Agar Startup Lokal Bisa IPO

Bukalapak Berbagi Kiat Agar “Startup” Lokal Bisa IPO
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Bukalapak berbagi kiat agar startup lokal bisa melakukan initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan IPO, perusahaan rintisan akan mendapat akses modal dari publik sehingga dapat mengembangkan bisnisnya. Seperti diketahui, perusahaan berkode saham BUKA ini telah menjadi perusahaan teknologi pertama yang mampu melantai di bursa. Bahkan menjadi IPO terbesar sepanjang sejarah BEI, yakni mencapai hampir Rp 22 triliun.

Menurut CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin, setidaknya ada tiga kiat yang dapat mengakselerasi startup lokal untuk IPO.

Pertama, startup harus memiliki rencana jangka panjang yang dapat meyakinkan regulator bahwa perusahaan bisa untung di kemudian hari.

Perlu diketahui, Bukalapak masih mencatatkan rugi sebelum IPO. Namun, BEI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan reformasi aturan untuk menghapus segala hambatan. Hingga akhirnya BEI memiliki Papan Pengembangan dan Papan Akselerasi untuk memfasilitasi perusahaan melakukan IPO walau masih merugi.

Baca Juga  Telkomsel Suntik Dana Rp 4,26 Triliun ke Gojek

“Ada papan pengembangan, ini masih memperbolehkan kita—yang laporan keuangannya merah itu untuk listed. Intinya, bursa Indonesia kita itu telah memberikan jalan kepada semua jenis perusahaan untuk bisa IPO,” kata Rachmat dalam webinar bertajuk Wake Up Call: Building Neo Economy Society, pada (27/9).

Ia mengungkapkan, saat ini BEI masih terus berkomitmen membuat aturan yang lebih ramah untuk mengakomodasi kebutuhan pendanaan startup di pasar modal. Artinya, startup menjadi akan semakin mudah melantai di bursa.

“Dengan IPO Bukalapak, kami berharap bisa memberi semangat bahwa dimungkinkan untuk mendapat pendanaan dengan skala yang besar lewat pasar modal, Bukalapak berhasil melakukan penggalangan dana hingga hampir Rp 22 triliun di pasar modal. Dengan IPO bisa mengubah startup menjadi berstatus unicorn,” kata Rachmat.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0