in ,

Bukalapak Berbagi Kiat Agar Startup Lokal Bisa IPO

Kedua, untuk menyakinkan regulator, startup wajib punya perencanaan terkait infrastruktur hingga urusan legalitas. Dengan begitu, diperlukan konsultan hukum untuk memastikannya.

Ketiga, startup harus memiliki visi misi dan daya tarik lain agar bisa menjadi berbeda dengan perusahaan lain. Misalnya, Bukalapak telah menetapkan posisi sebagai platform yang bukan hanya menyediakan on-line marketplace. Namun, perusahaan telah merambah ke all commerce, yaitu perusahaan memiliki toko offline melalui program Digitalisasi Warung.

“Harus bisa distinguish. Membedakan diri dengan yang lain. Pembeda itulah yang menjadi kunci sukses kami untuk berhasil melakukan IPO,” ungkapnya.

Rachmat mengatakan, selain IPO, startup atau unicorn bisa saja mendapatkan pendanaan di atas 1 miliar dollar AS melalui private market, seperti dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun, perlu diingat, pendanaan dari private market bersifat terbatas.

Baca Juga  Keunggulan Investasi “Green Sukuk”

“Dengan upaya BEI untuk mengakomodasi pendanaan bagi perusahaan rintisan, startup bisa mencari pendanaan di pasar modal tanah air dan tidak perlu repot-repot mencari pendanaan dari private market atau dari tempat lain. Dari sisi industri, modal itu penting dan ngga harus ke New York (Bursa Efek New York), tapi bisa kita lakukan di Indonesia,” kata Rachmat.

Ditulis oleh

Baca Juga  Sisakan THR untuk Investasi, Ini Keuntungan Deposito Syariah

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *