in ,

Ekspansi Manufaktur Topang Pemulihan Ekonomi

Ekspansi Manufaktur Topang
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan, kinerja manufaktur Indonesia pada Mei 2022 masih ekspansif. Hal ini tecermin dari Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur yang berada pada level 50,8. Ekspansi manufaktur dan stabilitas harga itu dinilai mampu menopang pemulihan ekonomi. Meski demikian, capaian tersebut melambat jika dibandingkan dengan bulan lalu yang mencapai 51,9.

Kepala BKF Febrio Kacaribu mengatakan, sedikit melambatnya laju ekspansi sektor manufaktur cukup merata baik di negara maju maupun berkembang seperti Filipina, yakni 54,1; Malaysia, 50,1; India 54,6; Eurozone 54,6; dan Amerika Serikat 57,0.

Sementara itu, PMI Manufaktur Tiongkok mengalami peningkatan ke level 48,1 meskipun masih dalam zona kontraksi. Menurut Febrio, disrupsi rantai pasok dan kebijakan restriksi COVID-19 di Tiongkok telah berdampak pada kinerja manufaktur di banyak negara. Hal ini karena besarnya kontribusi Tiongkok dalam rantai pasok global.

Baca Juga  Kiat Maksimalkan SEO untuk Dongkrak Penjualan

“Hal tersebut akan terus kami antisipasi agar risiko ini tidak menghambat laju pemulihan ekonomi Indonesia”, ujar Febrio dalam keterangan tertulis, Jumat (3/6/22).

Febrio juga melaporkan, pertumbuhan permintaan baik domestik maupun ekspor masih terus meningkat. Di sisi lain, penyerapan kerja juga masih terus terjadi seiring dengan ekspansi produksi. Meskipun demikian, konflik geopolitik yang tengah terjadi serta restriksi sosial di Tiongkok karena pandemi menekan arus pasokan serta waktu pengiriman barang ke dalam negeri pada bulan Mei lalu. Kondisi ini menyebabkan sektor manufaktur dalam mengoptimalkan kapasitas produksi menjadi tertahan. Selain itu, tingginya harga barang input juga menambah tekanan pada pertumbuhan sektor manufaktur.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0