in ,

Bali Akan Jadi Pionir Destinasi Wisata Berbasis Vaksin

Bali Akan Jadi Pionir Destinasi Wisata Berbasis Vaksin
FOTO : IST

Pajak.com, Magelang – Bali akan menjadi proyek percontohan untuk program terobosan terbaru dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) bertajuk Wisata Berbasis Vaksin (vaccine based tourism). Hal itu disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat weekly press briefieng di Balkondes Borobudur, Magelang, dikutip Pajak.comRabu (23/6).

Sandiaga mengutarakan, hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian Bali yang terus mengalami kontraksi mendalam akibat pandemi Covid-19. Berdasarkan catatan Kemenparekraf, perekonomian Bali pada kuartal keempat tahun 2020 mencapai minus 12,21 persen; sementara pada kuartal kedua tahun 2021 diperkirakan mencapai minus 6-8 persen.

“Kita sudah diskusikan dengan melibatkan menteri kesehatan dan dalam diskusi tersebut kami ditugaskan di rapat internal bersama presiden untuk menyiapkan program wisata vaksinasi ini. Karena, kita sudah melihat berseliweran tawaran-tawaran wisata berbasis vaksin dari beberapa negara lainnya dengan sangat menarik,” katanya.

Baca Juga  PIS dan PGN Bersinergi Distribusikan Energi Hijau

Ia meyakini kalau program ini akan menjadi pusat perhatian wisatawan, sekaligus sebagai langkah distribusi vaksinasi lebih masif.

“Bali terpilih karena saat ini sangat membutuhkan wisatawan, karena kontraksi ekonomi yang sangat mendalam, tapi tidak menutup kemungkinan destinasi-destinasi lainnya juga akan diberlakukan program tersebut,” imbuhnya.

Sandiaga menuturkan, pemberian vaksin dalam paket ini nantinya diprioritaskan untuk wisatawan nusantara, sedangkan vaksin untuk wisatawan mancanegara akan bekerja sama dengan asosiasi yang dikemas dalam bingkai vaksin mandiri. Sehingga, tidak akan mengambil porsi vaksin gratis untuk warga Indonesia. Ia mengklaim hal tersebut terus difinalisasi agar bisa diluncurkan bersama Gubernur Provinsi Bali.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0