in ,

Penerimaan Negara Naik 55 Persen Berkat Pajak

Penerimaan Negara Naik
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, realisasi penerimaan negara naik 55 persen atau sebesar Rp 156 triliun pada Januari 2022. Pertumbuhan itu, salah satunya berkat pemulihan penerimaan pajak.

“Di tahun 2022, kita melihat awal yang baik di bulan Januari. Di mana jika melihat penerimaan negara bulan Januari benar-benar melonjak ke hampir 55 persen pertumbuhannya. Penerimaan negara ini tumbuh positif jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 100,7 triliun. Pertumbuhan penerimaan negara ini tidak hanya semata-mata dari kenaikan harga komoditas seperti tahun lalu. Selain komoditas, pemulihan penerimaan perpajakan,” ungkap Sri Mulyani dalam Fitch on Indonesia 2022: Exit Strategy after the Pandemic, yang disiarkan secara virtual, (16/3).

Baca Juga  DJP Siarkan Hari Pajak dan Reformasi Perpajakan

Ia mengatakan, penerimaan pajak itu, terdiri dari pajak penghasilan (PPh) dan pajak pertambahan nilai (PPN). Keduanya cukup menggembirakan bila dilihat dari laju pemulihannya.

“Banyak sisi lain yang menarik dari penerimaan negara. Jika melihat dari sisi sektoral, sektor perdagangan yang sensitif terhadap pandemi, justru mengalami penguatan, sehingga mampu berkontribusi positif terhadap penerimaan negara pada awal tahun ini. Jadi ini sebenarnya menunjukkan proses pemulihan yang tangguh dan kuat secara menyeluruh untuk banyak sektor dalam perekonomian Indonesia dan juga seluruh pendapatan penerimaan pajak,” jelas Sri Mulyani.

Secara rinci, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, penerimaan negara hingga Januari 2022 tumbuh 55 persen, terdiri dari penerimaan pajak Rp 109,1 triliun, penerimaan bea dan cukai Rp 24,9 triliun, dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Rp 22 triliun—seluruhnya mencatat pertumbuhan positif. Adapun target penerimaan negara tahun 2022 mencapai Rp Rp 1.846,1 triliun.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings