in ,

Luhut Optimistis Penerimaan Meningkat

Luhut Optimistis Penerimaan Meningkat
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan optimistis penerimaan negara semakin meningkat berkat digitalisasi sistem pelaporan perpajakan (e-Filing) dan Simbara atau sistem informasi mineral dan batu bara. Adapun Simbara baru diluncurkan 8 Februari 2022.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang telah memberikan kemudahan pelaporan SPT tahunan PPh (pajak penghasilan) menggunakan e-Filing. Kami juga baru meluncurkan Simbara. Saya kira akan membuat ekonomi kita makin baik, keuangan kita makin baik, penerimaan negara makin baik,” kata Luhut saat acara Pelaporan SPT Tahunan oleh Pejabat Negara, di Kantor Pusat DJP, Jakarta, (8/3).

Ia menjelaskan, Simbara bakal mengantisipasi penyalahgunaan wewenang pemerintah kepada badan usaha untuk mengeksploitasi kekayaan alam di tanah air. Luhut menekankan, pemerintah tidak ingin angka penerimaan negara dari sektor minerba berantakan seperti dulu dan optimistis penerimaan negara semakin meningkat.

Baca Juga  Yustinus: PPN Jasa Pendidikan Berlaku Pascapandemi

“Ini suatu langkah yang luar biasa, kita menertibkan yang berpuluh-puluh tahun tidak tertib. Sekarang ini baru kita mulai dengan batu bara, kemudian kita masuk ke nikel dan yang lain,” jelasnya.

Luhut pun memuji Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati beserta jajaran yang sukses mencapai penerimaan pajak di atas target. Seperti diketahui, penerimaan pajak tahun 2021 mencapai Rp 1.277,5 triliun atau 103,9 persen dari target anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2021 sebesar Rp 1.229,6 triliun. Dengan demikian, ia ingin kesuksesan penerimaan pajak juga dapat terjadi pada sektor minerba.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *