in ,

Petrokimia Gandeng Distributor Salurkan Pupuk Bersubsidi

Petrokimia Gandeng Distributor Salurkan Pupuk Bersubsidi
FOTO: IST

PT Petrokimia Gresik melakukan penandatanganan surat perjanjian jual beli (SPBJ) untuk menyalurkan pupuk bersubsidi pada 2022 bersama 372 distributor wilayah barat yaitu Sumatera dan Jawa, kecuali Jawa Timur.

Gusrizal, selaku Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia mengatakan bahwa seluruh distributor harus mendukung program kerja Pupuk Indonesia karena distributor sangat berperan penting dalam keberhasilan penyaluran pupuk bersubsidi agar dapat sampai di tangan petani yang berhak, sesuai dengan rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK).

Gusrizal juga mengingatkan bahwa pendistribusian pupuk bersubsidi tidaklah mudah, para distributor harus melengkapi semua persyaratan administrasi untuk menunjang kelancaraan penebusan pupuk bersubsidi dan penyaluran kepada petani.

Lanjutnya, Gusrizal mengatakan bahwa PT Pupuk Indonesia telah menerapkan Distribution Planning and Control System (DPCS) agar penyaluran pupuk bersubsidi berjalan maksimal. Sistem tersebut memudahkan perusahaan untuk memonitor setiap saat kegiatan distribusi dan stok di lapangan, sehingga dapat meminimalisasi kekurangan stok di daerah dan meningkatkan akurasi perencanaan distribusi.

Baca Juga  Indonesia Dipercaya Pimpin Presidensi G20 di Bali 2022

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, selama tahun 2021, pemerintah mengalokasikan pupuk bersubsidi sebanyak 9,04 juta ton dan 1,5 juta liter pupuk organik cair. Tercatat sampai Agustus 2021, sebanyak 4,73 juta ton telah disalurkan. PT Pupuk Indonesia menegaskan akan menyalurkan sisa pupuk yang telah dialokasikan sampai akhir tahun 2021.

Dalam penyaluran pupuk bersubsidi, tidak semua petani bisa mendapatkan. Untuk mendapatkan pupuk bersubsidi para petani harus tergabung dalam kelompok tani, memiliki kartu tani yang terintegrasi dengan elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok (e-RDKK) serta menggarap lahan maksimum dua hektare per musim tanam (Permentan No.49 Tahun 2020).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *