in ,

Untung-Rugi Penerapan Jam Kerja Fleksibel

Keuntungan Kebijakan Jam Kerja Fleksibel

Jika sudah mengenal beberapa jenis jam kerja fleksibel, lalu apa saja keuntungannya buat Anda? Berikut kami rangkum untuk Anda.

1. Lebih efisien

Dengan jam kerja fleksibel, Anda bisa menghindari jam padat saat menggunakan transportasi umum seperti bus dan kereta. Jika bekerja di kota-kota besar, utamanya Jakarta, para pekerja yang tinggal di kota-kota satelit akan berangkat jauh lebih pagi agar tidak menaiki transportasi umum yang penuh dan sesak.

Jika sudah fleksibel, Anda bisa lebih leluasa memakai waktu di pagi hari untuk kegiatan lain yang bisa mendukung produktivitas seperti sarapan pagi dan berolahraga. Selain itu, dengan jam kerja yang bisa dipilih sendiri, mereka bisa melakukan banyak keperluan pribadi seperti bertemu dengan keluarga atau teman, mengurus dokumen seperti KTP dan SIM tanpa harus izin dari kantor, atau ikut kursus untuk menambah keahlian.

Baca Juga  Tunjukkan Kompetensimu, Berikut “Tips” Tingkatkan Rasa Percaya Diri di Kantor

2. Hemat biaya

Dengan adanya penerapan jam kerja fleksibel membuat Anda bisa lebih menghemat pengeluaran makan atau ongkos ekstra. Anda bisa kembali ke rumah saat makan siang dan melanjutkan pekerjaan dari rumah, atau dengan cara lainnya. Selain itu, perusahaan bisa lebih berhemat karena tidak perlu memberikan tunjangan transport bagi mereka yang tidak harus setiap hari ke kantor; dan menggantinya dengan benefit lain yang dibutuhkan di masa pandemi seperti vitamin, masker, serta sanitasi tangan.

3. Kurangi konflik 

Dengan sistem kerja yang fleksibel, maka Anda yang datang ke kantor akan semakin sedikit atau tak bertemu satu sama lain. Hal ini cukup efektif untuk menekan risiko konflik antarpersonal atau dengan atasan di perusahaan. Dengan jumlah karyawan yang datang lebih sedikit, ruang kantor juga bisa lebih fokus dimanfaatkan untuk salah satu tim divisi yang perlu menggunakan ruang lebih untuk bekerja. Terpenting, karena tidak adanya jam kerja yang terjadwal, kuantitas dan kualitas bekerja akan memengaruhi kenaikan gaji, tunjangan, dan bonus yang Anda dapatkan.

Baca Juga  Amartha dan CELIOS Luncurkan Fintech Media Toolkit

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *