in ,

Kiat Mengelola Stres yang Patut Dicoba

Kiat Mengelola Stres yang Patut Dicoba
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Stres sangat wajar dialami setiap individu, terutama di masa pandemi COVID-19. Secara harfiah, stres adalah gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh beragam faktor. Kondisi ini dapat ditandai dengan jam tidur tidak teratur, perasaan terisolasi, sering sakit kepala, kenaikan atau penurunan berat badan yang tiba-tiba, mudah marah, sulit berkonsentrasi, sulit beraktivitas harian, sampai ketergantungan pada obat bahkan alkohol secara berlebihan. Padahal, sebenarnya kita bisa mengelola stres menjadi lebih terkontrol. Merangkum Sutter Health, berikut kiat mengelola stres yang patut dicoba:

1. Menyeimbangkan pekerjaan dan rumah

Seimbangkan antara waktu bekerja dan rumah. Lakukan pekerjaan sesuai porsi dan jam kerja. Sebisa mungkin menghindari membawa pekerjaan ke rumah, karena hanya akan menambah beban, dan merusak jam istirahat di rumah.

Baca Juga  Reformasi Struktural Perkuat Fundamental Ekonomi

2. Olahraga secara teratur

Menggerakkan tubuh secara teratur membantu menyeimbangkan sistem saraf, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengeluarkan hormon stres. Bahkan, menurut sejumlah penelitian, berjalan kaki 20 menit setiap hari dapat membuat emosi seseorang lebih baik, dibanding mereka yang tidak melakukannya.

3. Batasi konsumsi alkohol dan sejenisnya

Alkohol, nikotin, dan kafeina untuk sementara memang dapat menghilangkan stres, tetapi dalam jangka panjang memiliki dampak pada kesehatan dan mampu memperburuk stres. Sebagai gantinya, lakukan pola makan sehat dan teratur, seperti mengonsumsi banyak buah dan sayuran organik, menghindari makanan olahan dan gula, serta banyak minum air putih.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0