in ,

5 Cara Mengembangkan Bisnis di Era Digital

5 Cara Mengembangkan Bisnis di Era Digital
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Saat ini tren ekonomi digital memiliki yang sangat potensi besar. Untuk itu, para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus memanfaatkan peluang yang ada dengan optimal untuk meningkatkan skala bisnisnya. Ada banyak tren bisnis potensial yang bisa dilakukan  tahun 2022 ini yang diprediksi bakal menguntungkan. Misalnya, bisnis di bidang kuliner, fesyen, kecantikan dan jasa pelatihan berbasis online. Agar bisnis cepat berkembang, berikut ini lima cara yang bisa dilakukan UMKM untuk mengembangkan bisnis di era digital.

Pertama, untuk mendongkrak penghasilan, usahakan selalu menjaga memprioritaskan pengalaman baik untuk pelanggan atau customer experience. Secara sederhana, customer experience adalah persepsi menyeluruh dari pelanggan tentang pengalaman mereka terkait suatu bisnis atau merek. Pengalaman ini dibangun oleh pelanggan saat mereka melakukan interaksi sejak awal dengan merek yang mereka beli hingga paskajual.

Baca Juga  Indonesia Tampilkan Potensi Parekraf di Dubai

Para pelaku UMKM harus sadar bahwa pengalaman yang tidak terlupakan bagi pelanggan adalah hal yang penting untuk membangun loyalitas dan memungkinkan terjadinya keinginan untuk membeli kembali (repurchase).

Menurut studi yang dilakukan oleh Forrester Consulting, 27 persen pengusaha mengatakan bahwa peningkatan pengalaman pelanggan adalah prioritas pertama atau kedua dalam menjalankan bisnis di tahun 2022.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings