in ,

Cara Bangun “Personal Branding” Agar Karier Gemilang

Cara Bangun “Personal Branding” Agar Karier Gemilang
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Personal branding kerap dikaitkan dengan kemampuan seseorang membangun keahlian, kepercayaan, karakter, dan nilai atau persepsi positif yang dianggap menarik oleh lingkungan, utamanya lingkungan kerja atau usaha. Dengan demikian, membangun personal branding sangat penting agar karier atau bisnis Anda semakin gemilang. Pajak.com akan mengajak pembaca mengetahui secara lebih komprehensif apa dan bagaimana cara membangun personal branding yang tepat—sesuai karakter diri.

Dalam buku Strategi Branding, menurut Frischmann (2014), manusia memiliki brand yang melekat pada diri masing-masing. Sementara, personal branding merupakan aktivitas untuk membangun sisi profesional seseorang di hadapan orang lain, organisasi, dan perusahaan. Artinya, personal branding juga dapat digunakan sebagai upaya memperkuat dan mempertahankan eksistensi diri. Ada beberapa aspek untuk memengaruhi personal branding, yaitu pendidikan, gaya, dan perilaku sehari-hari.

Baca Juga  Rekomendasi Asuransi Jiwa dan Persiapan Pensiun

Bila Anda tertarik membangun personal branding dengan lebih terencana, namun sesuai karakter—tidak manipulatif—berikut caranya:

  • Tentukan segmentasi 

Langkah pertama, Anda perlu menentukan segmen mana yang ingin dipilih untuk menunjukkan personal branding. Contohnya, target segmen untuk lingkungan kerja, sekolah, organisasi, komunitas, politik, profesi, atau pertemanan. Misalnya, untuk lingkungan kerja. Anda harus mulai menentukan ingin dikenal sebagai apa, si pekerja keras, si pekerja cepat, si pekerja teliti, si pekerja tidak kenal waktu, si pekerja santai tapi beres, si pekerja target, si pekerja penuh semangat, dan sebagainya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0