in ,

“Tips” Pilih Perusahaan Sekuritas dalam Investasi Saham

“Tips” Pilih Perusahaan Sekuritas dalam Investasi Saham
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Sejatinya, berinvestasi saham semakin mudah dengan kehadiran perusahaan sekuritas. Bila kurang percaya diri dengan kemampuan membaca peluang saham cuan, Anda bisa menggunakan jasa perusahaan sekuritas itu. Bursa Efek Indonesia (BEI) Indonesia atau Stock Exchange (IDX) masih menemukan, tak sedikit orang terperangkap dalam mengambil keputusan investasi hanya berdasar pada rekomendasi influencer—yang sebenarnya tidak memahami seluk-beluk saham. Untuk itu, BEI akan memberikan tips memilih perusahaan sekuritas yang andal dan kredibel.

Sebelumnya, sekilas informasi, secara umum perusahaan sekuritas adalah pihak yang melakukan kegiatan usaha sebagai penjamin emis efek, perantara perdagangan efek dan/atau manajer investasi. Sementera merujuk Undang-Undang Pasar Modal Tahun 1992, perusahaan sekuritas merupakan perantara transaksi investasi saham maupun instrumen lainnya di BEI yang telah memperoleh izin usaha dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan mempunyai hak untuk mempergunakan sistem dan/atau sarana BEI sesuai dengan peraturan yang berlaku di BEI.

Baca Juga  Mengenal Suku Bunga Bank dan Jenis-Jenisnya

So, berikut tips memilih perusahaan sekurtitas dari BEI:

  • Perhatikan jasa yang ditawarkan, apakah mengakomodir hal yang kamu butuhkan, seperti tim analis andal dengan analisis pasar yang bagus, atau menyediakan kelas edukasi untuk investornya.
  1. Cari tahu mengenai fee transaksi yang di-charge kepada investor. Karena fee transaksi setiap perusahaan sekuritas berbeda-beda, ada yang lebih murah atau sebaliknya. Hal yang perlu ditekankan, jangan sampai mengorbankan fasilitas yang Anda dapat.
  2. Apakah mereka menyediakan aplikasi on-line trading? Tujuannya adalah untuk memudahkan kamu dalam bertransaksi
  3. Pastikan perusahaan sekuritas tersebut merupakan Anggota Bursa BEI dan juga memiliki izin dari OJK. Anda melihat di www.idx.co.id, kemudian pilih menu “Anggota Bursa”, dan masuk ke “Profil Anggota Bursa”. Pilih yang paling sesuai denganmu dan memiliki pelayanan yang baik.
  4. Track record yang baik juga penting agar kamu lebih nyaman berinvestasi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *