in ,

PIS dan PGN Bersinergi Distribusikan Energi Hijau

PIS dan PGN Bersinergi Distribusikan Energi Hijau
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – PT Pertamina International Shipping (PIS) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berkolaborasi dalam mewujudkan energi hijau melalui penyediaan liquified natural gas (LNG) carrier dan fasilitas bunkering. Komitmen kedua perusahaan dituangkan dalam penandatanganan head of agreement (HoA).

Direktur Utama PIS Erry Widiastono menjelaskan, penandatanganan ini merupakan komitmen sinergi antara subholding shipping dan subholding gas PT Pertamina (Persero) dalam melakukan pengelolaan dan penyediaan LNG nasional yang terintegrasi. Kolaborasi kedua perusahaan ini juga merupakan milestone bagi PIS dalam mewujudkan program virtual pipeline penyediaan energi hijau yang ramah lingkungan. Target pengurangan emisi CO2 (karbon dioksida) hingga 40 persen pada tahun 2030.

Baca Juga  Kemenkominfo Ungkap 5 Modus Penipuan “On-line”

Ia menyebutkan, PIS dan PGN telah menandatangani HoA khusus penyediaan LNG carrier untuk kebutuhan gasifikasi (pengubahan batu bara) IV Cilacap, pada Mei 2021 lalu. Pertimbangan ditandatanganinya HoA ke dua ini karena kebutuhan penyediaan LNG carrier oleh PIS dan sarana pendukung untuk memenuhi kebutuhan proyek, serta kegiatan trading LNG PGN.

“Penyediaan LNG dan fasilitas bunkering oleh PGN guna konversi kapal-kapal milik PIS yang menggunakan BBM (bahan bakar minyak) menjadi bahan bakar berbasis LNG dengan pilot project ditargetkan pada 5 kapal support vessel (new built) milik PIS. Dengan jumlah armada yang dioperasikan saat ini dan rencana pengembangan yang sedang kami persiapkan, kami sangat yakin PIS dapat menjadi urat nadi distribusi energi nasional dalam rangka menyatukan wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, PIS akan siap mengarungi lautan negeri mendistribusikan energi,” urai Erry melalui keterangan tertulis yang diterima Pajak.com, pada (29/6).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0