in ,

OpenSea Diserang “Hacker”, Ratusan Token NFT Dicuri

Ia mengungkap, OpenSea menemukan serangan tidak berasal dari situs website OpenSea—berbagai sistem daftarnya atau email apapun dari perusahaan. Laju serangan yang cepat menunjukkan sejumlah vektor mengalami serangan umum. Di sisi lain, sejauh ini tidak ada link yang ditemukan.

“Kami akan terus mengabari Anda. Kami akan mempelajari lebih lanjut mengenai sifat sebenarnya serangan phishing tersebut. Jika Anda punya informasi spesifik yang bisa berguna, silakan DM (direct message) @opensea_support,” kata Finzer.

Seperti diketahui, OpenSea telah menjadi salah satu perusahaan besar asal New York di industri NFT. Platform yang berdiri sejak 2017 ini memiliki nilai putaran pendanaan sebesar 13 miliar dollar AS atau sekitar Rp 186,76 triliun. Menurut data dari DappRadar (startup kripto yang menyediakan data untuk menganalisis aplikasi terdesentralisasi), pada tahun 2021 penjualan NFT mencapai 25 miliar dollar AS atau sekitar Rp 356,25 triliun (asumsi kurs Rp 14.250).

Baca Juga  BKF: Berkat PEN, Indikator Kesejahteraan Meningkat

Kesuksesan OpenSea tidak terlepas dari berkembangnya NFT sebagai aset digital berbasis teknologi blockchain sekaligus tren kripto di seluruh dunia. Popularitas NFT disebabkan karena aset ini menawarkan keuntungan yang besar bagi para seniman, kreator, musisi, atau influencer dari investor yang bersedia membeli aset digital mereka. Di sisi lain, OpenSea juga menyediakan layanan antarmuka yang sederhana bagi pengguna untuk mendaftar, menelusuri, dan menawar token tanpa berinteraksi langsung melalui sistem blockchain.

Di Indonesia, tren NFT semakin memuncak sejak viralnya NFT buatan seorang pemuda asal Surakarta, yakni Sultan Gustaf AL Ghazali. Melalui akun bernama Ghazali Everyday, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Prodi Animasi D-4 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ini berhasil meraup penjualan total sebesar Rp 13,8 miliar di OpenSea.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *