in ,

Potensi “Blockchain” untuk Berdayakan Bisnis Keuangan

Blockchain untuk Berdayakan Bisnis Keuangan
FOTO : IST

Potensi “Blockchain” untuk Berdayakan Bisnis Keuangan

Pajak.com, Jakarta – Teknologi blockchain telah merevolusi industri keuangan. Keberadaannya memungkinkan transaksi yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih transparan. Terlebih lagi bagi Indonesia yang tengah mengalami perkembangan pesat di sektor layanan keuangan. Melihat fakta itu, D3 Labs, sebuah perusahaan penyedia solusi teknologi finansial berbasis blockchain menggagas teknologi untuk menyederhanakan dan berdayakan bisnis keuangan melalui adopsi blockchain. Teknologi blockchain dinilai berpotensi membuka peluang baru bagi bisnis dan individu.

Indonesia merupakan pangsa pasar yang sangat potensial bagi layanan keuangan digital di kawasan Asia Tenggara. Sebab, masih banyak masyarakat yang belum terjangkau oleh layanan finansial konvensional. Berdasaran riset Google, Temasek, Bain & Company, terdapat 81 persen penduduk Indonesia yang belum terlayani jasa keuangan (unbanked). Dengan demikian, pasar layanan keuangan bank digital masih sangat terbuka di Indonesia.

Baca Juga  Buka Cocotech 2024, Jokowi Dorong Peningkatan Potensi Industri Kelapa Nasional

CEO D3 Labs, Chung Ying Lai mengatakan, memiliki misi untuk menyederhanakan dan memberdayakan sistem keuangan melalui adopsi blockchain. Langkah ini dinilai mampu membawa kepercayaan dan manfaat bagi semua orang.

Ying Lai mengatakan, salah satu manfaat utama blockchain untuk bisnis keuangan adalah kemampuan untuk merampingkan proses dan mengoptimalisasi biaya. Dengan blockchain, transaksi keuangan dapat diotomatisasi dan menghilangkan kebutuhan perantara sehingga dapat mengurangi waktu dan biaya terkait proses keuangan tradisional. Hal ini sangat penting di Indonesia, di mana banyak orang dan bisnis masih menghadapi hambatan untuk mengakses layanan keuangan.

“D3 Labs hadir sebagai penyedia solusi fintech berbasis blockchain dan memiliki tim profesional berpengalaman di bidang keuangan, teknologi, dan blockchain. Tujuan utama perusahaan adalah menjadikan sistem keuangan lebih sederhana, lebih mudah diakses, dan lebih aman untuk semua orang. Strateginya dengan memanfaatkan kekuatan teknologi blockchain untuk membangun solusi inovatif yang memecahkan masalah dunia nyata,” kata Ying.

Baca Juga  Pertumbuhan Ekonomi 2025 Diproyeksi 5,5 Persen, Ini Rincian Asumsi Dasar Makro

Salah satu penawaran utama D3 Labs adalah sistem programmable money berbasis blockchain. Platform ini memungkinkan individu dan bisnis untuk mengirim dan menerima pembayaran dengan cepat, aman, dan dengan biaya rendah. Platform ini dibangun di atas jaringan terdesentralisasi yang menghilangkan kebutuhan akan perantara.

“Hal ini membuat transaksi lebih cepat, lebih murah, dan lebih transparan. Dengan programmable money, pengguna dapat mengirim uang kepada siapa saja, di mana saja di dunia, kapan saja, tanpa batasan apa pun,” papar Ying.

Ying menyampaikan, di Indonesia, layanan keuangan digital dan adopsi teknologi blockchain sedang mengalami pertumbuhan masif, D3 Labs berada di posisi yang tepat untuk memimpin dalam layanan keuangan berbasis blockchain. Dengan tim yang sudah berpengalaman di bidang finansial dan blockchain, D3 Labs siap memainkan peran kunci dalam membentuk masa depan keuangan di Indonesia dan global.

Baca Juga  PDNS Diserang Siber, Wamenkominfo: Pemulihan Dilakukan Secepatnya

Menurut Ying, teknologi blockchain berpotensi merevolusi sektor keuangan di Indonesia, menjadikan layanan keuangan lebih mudah diakses, efisien, dan aman untuk bisnis dan individu.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *