in ,

Meraih Potensi Bisnis Kuliner

4. Cari “supplier” terbaik

Harga bahan baku makanan di toko (supplier) satu dengan lainnya mungkin tidak jauh berbeda. Namun, bila berniat memulai bisnis katering, otomatis Anda harus mempersiapkan bahan baku dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, perbedaan kecil itu nantinya akan terasa besar dan mampu menekan modal menjadi lebih sedikit. Selain memilih toko yang menyediakan bahan-bahan paling murah, penting juga untuk memikirkan kualitasnya. Jangan sampai membeli di supplier yang menjual bahan baku tidak segar bahkan busuk.

5. Siapkan modal

Setelah itu, kini saatnya untuk mempersiapkan modal usaha. Modal usaha tentunya mengikuti jenis bisnis katering yang sudah dipilih. Namun, penting juga untuk menyesuaikan modal dan kemampuan. Jangan memaksakan. Bila memang skala usaha katering masih dalam skala usaha rumahan, ada baiknya gunakan modal yang tidak terlalu besar.

Baca Juga  Untung-Rugi Penerapan Jam Kerja Fleksibel

6. Lakukan promosi

Memulai usaha katering yang paling penting adalah melakukan promosi. Bagaimana orang-orang akan memesan jasa katering bila mereka tidak tahu bisnis Anda. Oleh karena itu, mulailah lakukan promosi se

suai dengan target pasar yang sudah direncanakan dari awal. Jika memilih jenis katering untuk perusahaan, lakukan promosi di perusahaan. Bila memilih jenis katering rumahan, maka bisa mulai mempromosikannya ke tetangga di rumah.

Tidak seperti zaman dulu, promosi hanya mengandalkan mulut ke mulut saja, sekarang ini bisa memasarkannya dengan pendekatan digital marketing. Untuk memaksimalkan promosi, ada baiknya mulai memasarkan melalui website, media sosial, dan iklan digital. Semakin jauh jangkauan promosi, semakin besar juga peluang untuk mendapatkan konsumen. Ingat juga, bila melakukan promosi secara on-line, buat dagangan semenarik mungkin, mulai dari foto maupun kemasannya—buat konten yang menarik.

Baca Juga  Akan Go Public, Mitratel Raih Dana IPO Rp 18,8 Triliun

7. Beri pelayanan optimal

Jangan hanya produk usahanya saja yang dimaksimalkan, Anda juga harus selalu memberikan pelayanan optimal. Bila harus mempekerjakan karyawan, berilah training terlebih dahulu. Karyawan yang kurang ramah, makanan pesanan salah, katering tiba tidak tepat waktu, tentu akan membuat para konsumen berpikir berkali-kali untuk menggunakan jasa katering Anda lagi di kemudian hari.

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0