in ,

Koperasi-UMKM-IKM Terhubung Rantai Pasok Global

Koperasi UMKM IKM Terhubung Rantai Pasok Global
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Pemerintah memperkuat komitmen untuk mendorong koperasi, usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan industri kecil menengah (IKM), untuk dapat terhubung ke dalam rantai pasok global (global value chain). Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga bersinergi meningkatkan ekspor dan penguatan substitusi impor.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, salah satu langkah awal mencapai keinginan itu adalah adanya sinergi dari ketiga kementerian ini. Kolaborasi diimplementasikan melalui kemitraan koperasi, UMKM, dan IKM dengan enam BUMN, yakni PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN, PT Kimia Farma Tbk, PT Krakatau Steel Tbk, Perum Perusahaan Kehutanan Negara Indonesia (Perum Perhutani), dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI.

Baca Juga  PLN: PLTMG Bangkanai Tahap 2 Selesai Tepat Waktu

“Isu strategis terkait rantai pasok memang menjadi perhatian. Hal ini disebabkan masih rendahnya kemitraan koperasi, UMKM, dan IKM terhubung dalam rantai nilai global. Saat ini keterlibatan UMKM pada rantai pasok juga masih minim atau hanya mencapai 6,3 persen dalam rantai nilai global. Sehingga pemerintah mendorong untuk mencari potensi-potensi pengembangan kemitraan antara koperasi dan UMKM atau IKM baik dengan BUMN maupun swasta,” kata Teten dalam acara Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Kemitraan Koperasi, UMKM, IKM dalam Rantai Pasok BUMN.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *