in ,

Kemenperin: Wasdal Industri untuk Iklim Investasi Kondusif

Kemenperin: Wasdal Industri Iklim Investasi Kondusif
FOTO: DOK. KEMENPERIN

Pajak.com, Bogor – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendapatkan mandat untuk melakukan pengawasan dan pengendalian (wasdal) terhadap usaha sektor industri dan kawasan industri agar tetap menjaga dan mematuhi peraturan di bidang perindustrian. Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Eko S.A. Cahyanto mengungkapkan, pelaksanaan wasdal yang baik dapat mewujudkan iklim usaha yang kondusif dan mendorong investasi.

”Dengan adanya aturan main yang jelas akan mendorong peningkatan investasi, dan pada saat yang bersamaan dapat dijadikan sebagai tolak ukur pemenuhan kepatuhan perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri terhadap regulasi bidang industri,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jumat (28/01).

Ia menambahkan, kegiatan wasdal juga bertujuan untuk menciptakan kesesuaian antara rencana visi strategis dengan implementasinya yang dilakukan oleh perusahaan industri, sehingga perlu dipantau pemenuhan kepatuhannya, serta mendorong terjadinya kemudahan dalam berinvestasi.

Baca Juga  Forbes: Lima Bidang Pekerjaan Paling Dibutuhkan di 2022

ʺKegiatan wasdal usaha industri secara sistemik yang meliputi struktur, susunan, dan kebijakan wasdal, akan menciptakan transparansi, memberikan keadilan karena terciptanya perlakuan yang sama, menghilangkan distorsi akibat penyalahgunaan pengawasan, dan menghilangkan multitafsir terkait tata cara wasdalnya,” tambahnya.

Untuk mewujudkan kegiatan wasdal usaha industri secara sistemik, Eko menjelaskan bahwa diperlukan empat tahapan dalam pelaksanaannya. Pertama, perumusan peraturan tentang norma, kriteria, bentuk, dan tata cara pengawasan dan pengendalian usaha industri dan usaha kawasan industri.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *