in ,

Pemerintah Canangkan Program Aku Siap Ekspor

Pemerintah Canangkan Program Aku Siap Ekspor
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Untuk mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) sektor furnitur memasuki pasar internasional, Kementerian Perdagangan (Kemendang) bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin) serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencanangkan program Aku Siap Ekspor. Program yang merupakan kepanjangan dari Akselerasi Usaha Kecil dan Menengah/Industri Kecil dan Industri Menengah Siap Ekspor ini juga melibatkan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), dan Business and Export Development Organization (BEDO).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Didi Sumedi optimistis program kolaborasi para pemangku kepentingan ini akan mendorong kenaikan  ekspor produk terutama produk dekorasi rumah dan furnitur kecil. Ia mengatakan, melalui kerja sama ini, Kemendag bersama instansi lainnya bersinergi memfasilitasi para pelaku usaha produk dekorasi rumah dan furnitur kecil Indonesia melalui pembinaan intensif agar dapat masuk ke pasar Amerika Serikat, Kanada, Australia, Afrika Selatan, dan pasar-pasar internasional lainnya.

Baca Juga  Ekonomi Indonesia Kuartal II Tumbuh 7,07 Persen

“Program Aku Siap Ekspor ditujukan bagi UKM dan industri kecil menengah (IKM) untuk membantu menyusun rencana pemasaran yang mempertimbangkan target pasar, sehingga pelaku usaha mendapatkan pembeli mancanegara. Program ini didesain khusus bagi perusahaan yang masih di fase awal dalam persiapan ekspor,” kata Didi dalam keterangan tertulis Selasa, (12/10/21).

Didi menyampaikan, sebagai salah satu sektor penyumbang peningkatan ekonomi yang besar di Indonesia, produk dekorasi rumah dan furnitur memiliki peran yang sangat penting bagi Indonesia. Oleh sebab itu, pemerintah memandang perlunya peningkatan daya saing ekspor produk tersebut.

Pencanangan program ini dilakukan melalui rangkaian lokakarya luring bertema “Product Development and Trade Fair Participation” yang diadakan di Tangerang, Depok, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Bogor dan penandatanganan nota kesepahaman para pihak terkait pada 8 Oktober lalu.

Baca Juga  OJK: Waspadai “Downside Risks” Saat Pemulihan Ekonomi

Didi menjelaskan, program Aku Siap Ekspor merupakan program pembinaan ekspor UKM dan IKM agar dapat menyusun rencana pemasaran ekspor sesuai target pasar, sehingga bisa mendapat pembeli mancanegara baik saat pameran maupun riset secara daring.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0