in ,

Jokowi: Smelter Memperkuat Hilirisasi Industri Nasional

Jokowi: Smelter Memperkuat Hilirisasi Industri Nasional
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya pembangunan smelter dalam negeri untuk memperkuat hilirisasi industri. Ia menyoroti bahwasanya selama ini Indonesia tidak bisa memanfaatkan hasil tambang utamanya tembaga secara optimal karena tidak ada industri yang melakukan hilirisasi.

“Jangan sampai kita memiliki tambang, kita memiliki konsentrat, smelternya, (tetapi) hilirisasi industrinya ada di negara lain. Seperti tadi disampaikan Pak Menteri, ada di Spanyol, ada di Jepang. Nilai tambahnya berarti yang menikmati mereka,” ungkapnya usai meletakkan batu pertama pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Eksklusif (KEK) Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10).

Ia pun mengemukakan, smelter memperkuat dan memberi nilai tambah semaksimal mungkin dengan hilirisasi industri pada tembaga yang merupakan salah satu upaya bersama untuk memanfaatkan sebaik-baiknya, sebesar-besarnya anugerah yang Indonesia miliki untuk kemakmuran rakyat. Dalam pembangunannya saja, lanjut Jokowi, smelter ini akan membuka lapangan kerja yang sangat banyak.

Baca Juga  Menko Airlangga Serahkan 2 Peraturan Presiden di Batam

“Dalam masa konstruksi saja akan ada 40 ribu tenaga kerja yang bisa bekerja. Artinya, terbuka lapangan pekerjaan ini akan banyak sekali di Kabupaten Gresik dan di Provinsi Jawa Timur. Belum nanti kalau sudah beroperasi,” sambungnya.

Jokowi berpendapat, adanya tambahan income untuk negara, serta penciptaan lapangan pekerjaan yang berlimpah merupakan tujuan penting hilirisasi produk hasil tambang agar bangsa Indonesia semakin berdikari.

“Memberikan nilai tambah bagi negara, artinya akan memberikan income yang lebih tinggi kepada negara. Kemudian menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan. Ini goal yang penting bagi rakyat dan tentu saja membuat bangsa kita semakin mandiri, semakin maju,” ujar dia.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0