in ,

Hilirisasi Industri Buat Kinerja Ekspor Kian Membaik

Hilirisasi Industri Buat Kinerja Ekspor Kian Membaik
FOTO : IST

Pajak.comJakarta – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Kementerian Perindustrian fokus untuk menjalankan kebijakan hilirisasi industri karena memberikan dampak yang luas bagi perekonomian nasional. Efek positif itu antara lain meningkatkan nilai tambah bahan baku lokal, menambah tenaga kerja, dan menghasilkan devisa dari ekspor.

“Salah satu program prioritas Bapak Presiden Joko Widodo, yakni transformasi ekonomi dari sumber daya alam menjadi industri bernilai tambah. Jadi, diharapkan Indonesia tidak lagi menjadi negara pengekspor bahan mentah, tetapi produk jadi atau barang setengah jadi,” katanya dalam keterangan resmi, dikutip Pajak.com, Minggu (27/6).

Agus menyebut, pada Januari-Mei 2021 sektor industri pengolahan kembali menunjukkan kinerja ekspor yang kian membaik di tengah tekanan pandemi, dengan mencatatkan nilai sebesar 66,70 miliar dollar AS atau naik 30,53 persen dari periode yang sama di tahun 2020. Ia mengatakan, industri pengolahan memberikan kontribusi tertinggi mencapai 79,42 persen dari total ekspor nasional yang menembus 83,99 miliar dollar AS selama lima bulan ini.

Baca Juga  Percepatan Infrastruktur TIK untuk Penguatan UMKM-UMi

“Capaian tersebut menunjukkan bahwa ekspor Indonesia didominasi oleh produk hasil pengolahan. Besarnya proporsi ekspor produk industri pengolahan sekaligus menggambarkan bahwa telah terjadi pergeseran ekspor Indonesia, dari komoditas primer menjadi produk manufaktur yang bernilai tambah tinggi,” imbuhnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0