in ,

Kemenperin: PIDI 4.0 Tuk Percepat Transformasi Industri

Percepat Transformasi Industri 4.0, Kemenperin Bangun PIDI 4.0
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Akselerasi penerapan industri 4.0 bertujuan mendukung pertumbuhan perekonomian nasional dan memacu daya saing di kancah global. Hal ini ditandai dengan adanya peta jalan Making Indonesia 4.0 sebagai arah dan strategi Indonesia dalam merevitalisasi sektor industri manufaktur, sekaligus mewujudkan visi besarnya menjadi bagian dari 10 negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030. Melihat hal tersebut, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, pihaknya telah membangun Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0) untuk mendukung percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia.

“Sebagai wujud nyata mewujudkan penerapan Making Indonesia 4.0, Kementerian Perindustrian menginisiasi pembangunan PIDI 4.0,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Selasa (30/11).

Baca Juga  Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Digital di ASEAN Diproyeksi 2 Triliun Dollar AS

Ia menambahkan, PIDI 4.0 merupakan solusi satu atap dalam percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia dan menjadi jendela Indonesia 4.0 untuk dunia. Saat ini, PIDI 4.0 dikelola oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin.

Agus melanjutkan, merujuk pada konsepnya, PIDI 4.0 memiliki lima pilar atau layanan utama. Pertama, sebagai showcase center yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atau pelaku industri tentang pentingnya industri 4.0 serta menyajikan pengalaman nyata di sektor manufaktur dalam penerapan digitalisasi pada lini produksinya.

Kedua, menjadi Capability Center, yakni pusat pelatihan untuk meningkatkan keahlian kepada para tenaga kerja industri dan aparatur sipil negara (ASN) terkait implementasi industri 4.0. Ketiga, sebagai ecosystem for industry 4.0 atau tempat kolaborasi pengembangan implementasi industri 4.0. Keempat, delivery center atau sebagai tempat pendampingan industri dalam bertransformasi menuju industri 4.0. Kelima, engineering and AI center yang dipercaya dapat membantu permasalahan industri dengan teknologi rekayasa dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).

Baca Juga  Cara Penting Identifikasi dan Lapor Penipuan Digital

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *