in ,

UMKM Berlabel SNI Akan Mudah Tembus Pasar Global

UMKM Berlabel SNI Akan Mudah Tembus Pasar Global
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan penerapan standar nasional Indonesia (SNI) merupakan kunci dalam pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia. UMKM yang berlabel SNI akan mudah menembus dan bersaing di pasar global.

“Tembusnya produk UMKM di pasar global merupakan salah satu cita-cita Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Gernas BBI, sebagai program pemerintah yang bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pendampingan UMKM. Oleh karena itu, penerapan SNI menjadi salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk menjawab tantangan dalam pengembangan sektor UMKM, yakni legitimasi atas kualitas produk UMKM,” kata Luhut dalam peluncuran Etalase Digital Produk UMKM Ber-SNI secara daring, pada Selasa (30/11).

Baca Juga  KemenkopUKM dan ITB, Sinergi Bina Koperasi dan UMKM

Dengan demikian, saat ini akselerasi penerapan SNI bersifat krusial karena dapat menjadi acuan standar bagi para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas dan kreatifitasnya.

“Dalam waktu lebih dari satu tahun berjalannya program Gernas BBI, saya bertemu dengan pelaku UMKM di berbagai daerah dan melihat begitu banyak produk UMKM yang potensial. Saya yakin program pembinaan dan sertifikasi dari BSN (Badan Standardisasi Nasional) akan mampu membantu akselerasi pengembangan UMKM secara signifikan, terutama meningkatkan daya saing UMKM nasional untuk bisa menembus pasar global,” kata Luhut yang juga merupakan Ketua Tim Gernas BBI ini.

Selain SNI, salah satu kunci penting dalam penguatan UMKM adalah ketersediaan sarana dan prasarana promosi dan pemasaran. Luhut yakin, semakin gencar produk-produk UMKM dipromosikan, maka akan semakin besar pula peluang untuk dikenal lebih luas. Oleh sebab itu, pemerintah melalui kementerian/lembaga (K/L) telah berupaya menghelat beragam pameran atau acara yang dapat memasarkan produk UMKM.

Baca Juga  Merah Putih Fund akan Fokus Pendanaan “Soonicorn”

“Saya berharap diluncurkannya etalase digital produk UMKM Ber-SNI pada hari ini akan berkontribusi pada peningkatan perhatian dan antusiasme untuk mendukung UMKM nasional,” ujarnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0