in ,

Kemenkop UKM Dorong Rantai Pasok Global “Startup”

Kemenkop UKM Dorong Rantai Pasok Global "Startup"
FOTO: IST

Pajak.com, DIY – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menjalin sinergi dengan Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mendorong peningkatan produktivitas maupun daya saing startup. Hal ini bertujuan agar startup masuk dalam rantai pasok global.

Asisten Deputi Pengembangan Kawasan dan Rantai Pasok Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Ari Anindya Hartika mengatakan, saat ini tantangan eksternal yang dihadapi dalam pengembangan industri, khususnya usaha mikro kecil menengah (UMKM), yakni semakin kuatnya era keterbukaan ekonomi global. Persaingan pun tidak dapat dihindarkan.

“Era globalisasi mengakibatkan seluruh UMKM atau UKM, termasuk startup, berhadapan secara langsung, baik di pasar domestik maupun internasional. Dengan tingkat persaingan yang semakin tajam, setiap startup dapat lebih meningkatkan kualitas produknya, termasuk penerapan sistem manajemen mutu. Sehingga ke depan, produk dapat berorientasi ekspor, masuk dalam rantai pasok global, bahkan dapat bersaing di pasar internasional,” jelas Ari dalam keterangan tertulis yang dikutip Pajak.com(26/2).

Baca Juga  Airlangga Ungkap Dampak Eskalasi Konflik Iran - Israel bagi Perekonomian Nasional

Untuk itu, sejak beberapa tahun terakhir, Kemenkop UKM memfasilitasi startup dalam hal pendampingan standardisasi dan sertifikasi produk, seperti hazard analysis critical control point (HACCP), sertifikat dari International Organization for Standardization (ISO), food safety system certification/british retail consortium (FSSC/BRC), sertifikat organik, dan lainnya.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *