in ,

Kemenkop UKM Dorong Rantai Pasok Global “Startup”

“Peningkatan daya saing UMKM atau UKM, termasuk startup dalam mengeluarkan produknya saat ini, masih cenderung membutuhkan keterlibatan para pemangku kepentingan lain. Terutama pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah,” tambah Ari.

Ia mengakui, saat ini masih diperlukan program yang lebih spesifik untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi oleh startup atau UKM, yakni terkait mata rantai bisnis, pengembangan kawasan/sentra UKM, pemenuhan rantai pasok mulai dari hulu hingga hilir, research and development (R and D), standardisasi dan pemasaran produk.

“Terkait dengan proses produksi dan standarisasi produk, diperlukan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi startup, UMKM atau UKM, sebelum siap diedarkan atau dipasarkan secara luas. Ini penting agar dapat menjamin aspek konsistensi kualitas produk atau jasa dan memenuhi ekspektasi konsumen,” kata Ari.

Baca Juga  Ini 7 Ruas Tol Baru Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Sri Nurkyatsiwi. Ia menyebutkan, startup harus mengenal posisi atau skala usahanya, brand seperti apa yang diinginkan, serta target yang ingin dicapai dan pasar yang diharapkan.

Ditulis oleh

Baca Juga  Mengenal 5 Jenis Budaya Kerja

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *