in ,

Jokowi Berharap ISEI Beri Gagasan Akselerasi Digitalisasi

Jokowi Berharap ISEI Beri Gagasan Akselerasi Digitalisasi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para ekonom dan akademisi yang tergabung dalam Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) dapat memberikan gagasan terkait akselerasi penerapan digitalisasi untuk pemulihan ekonomi nasional. Hal itu ia tekankan dalam pembukaan Kongres ISEI XXI dan Seminar Nasional 2021 yang dilakukan secara virtual, pada (31/8).

“Percepatan transformasi ekonomi membutuhkan sinergi berbagai pihak. Dalam percepatan ekonomi, sinergi adalah kunci karena persoalan saat ini yang kompleks. Maka dari itu, saya berharap kongres ISEI XXI ini diharapkan lahir gagasan dan pemikiran-pemikiran maju yang akan membantu bangsa dalam melalui masa-masa sulit pandemi COVID-19 ini,” ungkap Jokowi.

Gagasan akselerasi digitalisasi yang dibutuhkan di tengah pandemi terutama mengenai percepatan penerapan digitalisasi untuk mendukung pemulihan ekonomi, khususnya melalui implementasi one single submission (OSS) berbasis risiko yang mampu menyederhanakan proses perizinan, mempermudah dunia usaha, dan membuka lapangan pekerjaan di Indonesia. OSS hadir sebagai ejawantah dari UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Baca Juga  Menkominfo Minta Pabrikan Ponsel Buka Jaringan 5G

“Ini penting untuk mendorong perekonomian daerah dan pusat agar terus tumbuh lebih cepat. Dan, tugas kita memastikan fondasi-fondasi. Melalui digitalisasi, diharapkan juga membantu pengembangan badan usaha milik petani, membuka akses pemasaran melalui kemitraan dan penyederhanaan akses pembiayaan,” jelas Jokowi.

Senada dengan hal itu, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo juga menekankan urgensi digitalisasi ekonomi, keuangan, dan seluruh bidang yang dapat membantu pemulihan ekonomi. Poin ini yang akan mendorong inklusi ekonomi dan keuangan.

“Sinergi erat dengan digital banking. Untuk mendorong digitalisasi sektor riil di UMKM (usaha mikro kecil menengah), Bank Indonesia terus mendorong akses pembiayaan. Akselerasi ekonomi dan keuangan digital nasional menjadi game-changer selama pandemi. Untuk itu, perlunya akselerasi inklusi ekonomi dan keuangan pada UMKM dan sektor pertanian khususnya melalui klasterisasi,” kata Ketua Umum ISEI ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0