in ,

Keminves Gandeng Kemenlu Perkuat Diplomasi Investasi

Kemenves Gandeng Kemenlu Perkuat Diplomasi Investasi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Kementerian Investasi(Keminves)/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berkolaborasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk memperkuat kerja sama diplomasi ekonomi bidang investasi. Komitmen ini dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak, pada (31/8).

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang terjalin bersama Kemenlu. Menurutnya, para duta besar Indonesia dan konsul jenderal memiliki peran penting dalam diplomasi dan mempromosikan peluang investasi Indonesia di luar negeri.

“Di tengah ketidakpastian pandemi Covid-19 ini, sudah saatnya bagi kita melakukan konsolidasi internal. Maju bersama untuk menggaet foreign direct investment (FDI). Saat ini FDI sudah mulai sehat di saat negara lain FDI-nya masih turun, kita 52,4 persen (FDI) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) 47,6 persen,“ kata Bahlil melalui keterangan tertulis yang diterima Pajak.com

Bahlil mengatakan, Keminves/BKPM telah menyiapkan peta peluang investasi yang dapat dijadikan materi bagi para perwakilan Kemenlu di luar negeri untuk mempromosikan investasi di Indonesia.

Baca Juga  BNI Bantu Fasilitasi Masuknya Investor ke Indonesia

“Untuk mengimbangi penetrasi negara lain, kita membuat stimulus-stimulus. Salah satu di antaranya Peta Peluang Investasi. Kita sekarang sudah punya 23 proposal yang paten punya,” ungkap Bahlil.

Keminves/BKPM mencatat, realisasi investasi sepanjang semester I-2021 sebesar Rp 442,8 triliun atau tumbuh 10 persen. Pencapaian itu tersokong oleh realisasi FDI atau penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp 228,5 triliun atau melonjak 16,8 persen dibandingkan tahun lalu. Sementara sisanya, yakni Rp 214,3 triliun berasal dari PMDN atau tumbuh lebih lambat dibandingkan FDI.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0