in ,

Menkominfo: Reformasi Digital Ciptakan Ekosistem Adil

Menkominfo: Reformasi Digital Ciptakan Ekosistem Adil
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Penciptaan ruang digital yang kondusif memerlukan kerja sama seluruh komponen bangsa. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan upaya itu akan berlangsung dengan baik, jika menerapkan reformasi ruang digital untuk menciptakan ekosistem digital yang adil.

“Kita perlu melakukan banyak hal dalam mereformasi kerangka kerja di ruang digital, ini policy making untuk memungkinkan konvergensi dan koeksistensi ekosistem yang adil atau fair level playing field,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (01/09).

Ia menambahkan bahwa reformasi ruang digital merupakan bagian penting dalam mendukung infrastruktur ekonomi melalui hilirisasi ruang digital. Apalagi saat ini, layanan digital telah berkembang sangat pesat baik di bidang media logistik maupun finansial, seperti digital wallet, Apple Pay, Google Pay, WeChat, media on-line, TV streaming, dan e-commerce.

“Langkah-langkah strategis perlu dilakukan, agar tidak menyerahkan begitu saja masa depan ekonomi digital nasional kita ke tangan atau kebijakan lembaga-lembaga di lembah silikon atau silicon valley,” tambahnya.

Baca Juga  Pemerintah Cegah “Predatory Pricing” di Platform Digital

Melihat hal tersebut, kerjasama antar kementerian dan lembaga menjadi sangat penting. Johnny menekankan, dalam sektor teknologi finansial, Kemenkominfo perlu berkolaborasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM), Kementerian Investasi (Keminves)/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk menghasilkan dan menerapkan kebijakan yang tepat.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0