in ,

Indonesia Dorong G20 Lahirkan Solusi Pemulihan Global

Indonesia Dorong G20 Lahirkan Solusi Pemulihan Global
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Indonesia mendorong framework working group (FWG) Presidensi G20 melahirkan solusi kolektif serta sinergi kebijakan untuk menjawab berbagai tantangan pemulihan ekonomi global akibat COVID-19. Adapun FWG Presidensi G20 telah dilakukan pada 13–14 Januari 2022. Dalam pertemuan itu, Indonesia diwakili oleh Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Ketua Tim Pelaksana Media dan Komunikasi Panitia Nasional Penyelenggaraan Presidensi G20 Usman Kansong mengungkap, peningkatan jumlah kasus COVID-19 yang berasal dari varian Omicron telah mewarnai diskusi dalam FWG Presidensi G20. Semua anggota sepakat berpendapat, varian Omicron akan berpotensi menimbulkan implikasi pada pemulihan ekonomi yang tidak merata di antara berbagai negara.

“Pertemuan G20 FWG merupakan momentum penting, karena seluruh pemimpin dunia duduk bersama berdiskusi untuk pemulihan ekonomi global yang terdampak pandemi. Dengan semangat kolaborasi yang inklusif, kami optimistis forum ini dapat mewujudkan ekonomi global untuk pulih bersama,” kata Usman dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com, Senin (17/1).

Baca Juga  Giatkan “Event” Nusantara Demi Pemulihan Parekraf

Usman yang juga Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika ini menguraikan, pada pertemuan hari pertama, Indonesia memimpin jalannya sidang dan membahas perkembangan perekonomian global, rencana kerja, dan diskusi mengenai risiko yang dihadapi dunia.

“Para anggota FWG turut menggarisbawahi pentingnya menerapkan kebijakan ekonomi yang tepat sasaran guna meningkatkan produktivitas dan mendorong pertumbuhan dalam jangka panjang, khususnya di area pendidikan dan ketenagakerjaan. Diskusi risiko utama dunia saat ini menekankan, kebijakan ekonomi makro yang terkalibrasi dengan baik untuk mendorong pemulihan ekonomi, inflasi, dan gangguan pada rantai pasok perlu menjadi perhatian dunia saat ini,”kata Usman.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings