in ,

Strategi Investasi Milennial

Strategi Investasi Milennial
FOTO : IST

Di Era Modernisasi saat ini banyak sekali kemajuan yang telah dirasakan oleh kita semua. Mulai dari kemudahan transportasi hingga kemudahaan transaksi lainnya. Dengan kemajuan transaksi saat ini banyak dari kita maupun generasi milenial menerapkan gaya hidup yang cukup konsumtif. Sebagai contoh banyak dari kita yang memiliki penghasilan 7jt/bulan ,namun menerapkan  banyak sekali pengeluaran yang tidak semestinya sehingga terkadang menimbulkan “Hutang” . Hal tersebut cukup sangat mengganggu dalam mengatur financial Anda bukan? . Nah , saat ini cara terbaik untuk mengatur financial Anda adalah dengan menerapkan investasi sejak dini.

~  Mengartikan Investasi sebagai mengelola aset berharga~ Fabozzi& Drake (2009)

Investasi merupakan salah satu cara terbaik untuk menyiapkan orientasi di masa depan ,tentu saja hal ini wajib sekali dicoba oleh generasi milenial saat ini. Investasi sendiri terbagi dalam 2 jenis,yaitu investasi langsung (direct Investment) maupun tidak langsung (Indirect Investment) yang biasanya disebut dengan portofolio investment. Pada investasi langsung,investor ikut serta melakukan pengelolaan  dan pengawasan perusahaan.Sedanhkan investasi tidak langsung adalah,adanya pemisahan pengelolaan dan pengawasan yang dilakukan oleh Investor.

~Investasi sebagai kesediaan seseorang dalam mengalokasikan uang dalam nilai tertentu di masa sekarang guna memperoleh penerimaan dikemudian hari ~Reily&Brown (2009)

Kegiatan berinvestasi memilki cakupan yang sangat luas. Investasi dapat melibatkan aset nyata atau riil(berupa mesin ,pabrik,bangunan ,tanah ,atau emas) maupun keuangan  atau financial asset (berupa saham,deposito atau obligasi) .

Baca Juga  Terlibatnya Generasi Milenial dalam Transaksi dan Investasi Digital

Dari pengertian diatas tentunya investasi memiliki tujuan yaitu untuk memperoleh tambahan kemanfaatan ekonomis dari sebuah uang yang dialokasikan. Dalam berinvestasi tentunya kita dapat menemukan banyak strategi karena banyaknya investor. Beberapa cara untuk meningkatkan keinginan anda dalam berinvestasi :

  1.   Sisihkan Dana Terlebih Dahulu

Dalam berinvestasi tentu kita harus memiliki atau menyiapakan dana nya terlebihdahulu,disarankan utnuk menggunakan dana sampingan atau dana sisa dari dana kebutuhan sehari-hari ,agar tidak mengganggu keuangan yang lainnya.

2.  Menerapakan Tujuan dalam berinvestasi

Banyak dari kita yang tentunya hanya sekedar “ikut-ikutan” dengan orang lain tanpa mengetahui apa itu investasi dan kegunaannya. Sebaiknya,sebelum anda melakukan investasi persiapan hal-hal mendasar yang diperlukan untuk berinvestasi ,agar tidak terjadi kendala dikemudian hari.

Baca Juga  Bahlil Lahadalia Resmi Dilantik Jadi Menteri Investasi

3. Mengetahui  Tingkat Risiko

Sebagai calon investor tentu saja Anda harus memahami risiko yang akan diterima saat berinvestasi bukan? yang dimaksud disini adalah bagaimana Anda dapat menoleransi apabila hasilnya tidak sesuai dengan keinginan. Saran terbaik adalah sebaiknya dalam melakukan investasi adalah anda dapat memilih investasi yang memiliki risiko rendah.

4.  Durasi dari Investasi

Dalam berinvestasi Anda juga tentu memerlukan durasi yang diinginkan,baik jangka  panjang maupun jangka pendek.

5. Pemantauan Secara Berkala

Adapun salah satu strategi dalam berinvestasi adalah memantau  secara berkala agar anda dapat mengetahui pergerakan investasi yang anda lakukan.

~Jika  Anda tidak berpikir untuk memiliki saham selama 10 tahun,jangan pernah berpikir memilikinya selama 10 menit~

Warren Buffet

Jadi,bagaimana tentu Anda sudah tertarik utnuk berinvestasi bukan? Dengan mengambil langkah sedari dini Anda dapat menabung keuntungan yang sangat besar dikemudian hari.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0