in ,

BNI Ventures Catatkan Laba Rp 1,9 M

BNI Ventures Catatkan Laba
FOTO: BNI

BNI Ventures Catatkan Laba Rp 1,9 M

Pajak.com, Jakarta – PT Bank Negara Indonesia Modal Ventura (BNI Ventures) catatkan kinerja keuangan yang positif hingga Juni 2023, yakni earning after tax (EAT) atau laba setelah pajak sebesar Rp 1,9 miliar. Kinerja ini dicapai dalam waktu sekitar enam bulan sejak mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam jangka waktu tersebut, BNI Ventures melakukan strategi dengan mengakselerasi penempatan dana usaha pada instrumen investasi.

Sebagai informasi, BNI Ventures merupakan anak usaha baru besutan BNI yang bergerak di bidang modal ventura. Akta pendirian telah ditandatangani oleh perwakilan pemegang saham PT BNI Modal Ventura pada 12 April 2022. Kemudian, pada 12 Mei 2022 perseroan menyetor dana sebesar Rp 500 miliar atau setara dengan 500.000 lembar saham BNI Modal Ventura. Kini, BNI memiliki 99,98 persen saham dalam BNI Modal Ventura, sedangkan 0,02 persen, sisanya dimiliki oleh PT BNI Asset Management.

Baca Juga  Pengertian Ekonomi Kreatif: Manfaat dan Contohnya

Direktur Utama BNI Ventures Eddi Danusaputro mengungkapkan, sejak pendirian, perseroan berupaya untuk menerapkan strategi dan kebijakan yang tepat. BNI Ventures menjamin, penempatan dana usaha dilakukan pada instrumen investasi yang aman dan memberikan keuntungan yang sesuai dengan tingkat risikonya.

“Kami bersyukur, meski baru mendapat izin OJK pada Januari 2023, kami mampu memanfaatkan momentum peningkatan kinerja di periode awal pendirian ini. Tentu saja, kami akan terus menggali potensi untuk memaksimalkan kinerja sambil terus memberikan kontribusi positif pada industri modal ventura nasional,” ujar Eddi dalam keterangan tertulis, dikutip Pajak.com, (14/8).

Ia menjelaskan, BNI Ventures telah melakukan investasi pertamanya kepada startup PT Millenio Amerta Data (Kecilin). Investasi ini sejalan dengan mandat BNI yang berupaya terus mendorong akselerasi transformasi digital dan inovasi.

Baca Juga  Empat Langkah Menuju Gaya Hidup Berkelanjutan untuk Pemula

“BNI Ventures juga proaktif melakukan penyempurnaan proses bisnis dan tata kelola perusahaan yang baik. Saat ini jumlah aset perusahaan pada Juni 2023 mencapai Rp 510,07 miliar, yang terdiri dari aset lancar Rp 493,55 miliar dan aset tidak lancar Rp 16,52 miliar. Pendirian BNI Modal Ventura memberikan dampak positif terhadap kinerja konsolidasi dan positioning BNI,” tambah Eddi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan BNI Ventures Lugas Prancafitri memastikan, perseroan siap berinvestasi mendukung sinergi dan inovasi di BNI Group.

“Tahun ini, kami memiliki beberapa pipeline investasi yang kami harap dapat terealisasi untuk terus mendorong kinerja penempatan dana investasi,” ungkap Lugas.

Ke depan, BNI Ventures akan bergabung dengan empat modal ventura milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain, yaitu MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, BRI Ventures, dan Mandiri Capital sebagai pemodal awal dana investasi khusus startup milik pemerintah, yaitu Merah Putih Fund.

Baca Juga  BI: Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Meningkat Kuartal I-2024

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *