in ,

Mempelajari Teknik Presentasi Memukau ala Steve Jobs

Teknik Presentasi Memukau ala Steve Jobs
FOTO: IST

Mempelajari Teknik Presentasi Memukau ala Steve Jobs

Pajak.com, Jakarta – Siapa yang tak kenal Steven Paul Jobs (Steve Jobs), selain menjadi salah satu pendiri Apple Inc, ia juga tersohor sebagai public speaker yang andal. Kemampuan dan jam terbangnya mempresentasikan berbagai inovasi perusahaanya telah mampu memukau banyak masyarakat dunia. Untuk itu, Pajak.com merangkum teknik presentasi memukau ala Steve Jobs yang bisa dipelajari untuk pengembangan karier Anda.

1. Perhatikan dan kuasai setiap detail presentasi atau topik yang disampaikan

Apabila menggunakan slide presentasi, buat dengan desain sederhana, tetapi tetap menarik. Gunakan banyak visualisasi gambar agar memudahkan audiens. Presentasinya tidak memuat terlalu banyak teks. Setiap poin mengandung minimal 1 dan maksimal 4 kata.

Steve Jobs juga selalu latihan sebelum memulai presentasi dan meminta masukkan kepada timnya untuk menilainya;

2. Tatapan mata yang intens

Steve Jobs selalu mempertahankan tatapan matanya ke arah penonton. Namun demikian, tatapan mata Jobs tetap hangat. Hal ini membuat perhatian audiens tetap terfokus pada Steve Jobs. Dengan begitu, audiens akan merasa terlibat—terbangun emosional secara natural.

3. Postur tubuh yang tegak

Steve Jobs berupaya mempertahankan postur tubuhnya dengan baik ketika berhadapan dengan audiens, baik saat berdiri, berjalan, maupun duduk;

Baca Juga  Kiat Efektif Dorong kemajuan Karier

4. Ciptakan cerita di balik sebuah presentasi

Steve Jobs terkenal dengan teknik ini. Setiap presentasi ia selalu menyampaikan sebuah cerita. Ketika memperkenalkan iPod di tahun 2001, Steve Jobs memilih untuk menceritakan produk ini sebagai cerita berjudul “1000 Lagu yang Ada di Dalam Saku Anda.” Dalam presentasi, ia juga mempraktikkan sendiri iPod tersebut ke dalam saku celananya.

Kemudian, tatkala memperkenalkan iPhone untuk pertama kalinya di tahun 2007, Steve Jobs juga menarasikan bahwa iPhone sebagai ponsel yang mengerti penggunanya. Ia bercerita bahwa iPhone adalah sebuah ponsel yang menggabungkan alat komunikasi, menikmati multimedia, dan penghubung ke dunia internet;

 5. Sederhanakan angka dalam presentasi

Steve Jobs selalu menyederhanakan angka dalam presentasinya. Misalnya, saat menceritakan perkembangan iTunes, ia memilih narasi bahwa 15.000 lagu diunduh dari iTunes setiap menit. Steve Jobs menghindari penggunaan narasi yang menyatakan 25 miliar lagu telah diunduh dari iTunes.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *