in ,

Bank Mandiri Gulirkan Program Kewirausahaan Petani

Bank Mandiri Gulirkan Program Kewirausahaan Petani
FOTO : IST

Pajak.com, Jawa Barat – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melakukan pemberdayaan berkelanjutan untuk petani di Pamarican, Ciamis, Jawa Barat. Melalui program Kewirausahaan Petani, perseroan melakukan pembinaan, pendampingan usaha, serta penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, implementasi program dimulai dengan menyalurkan bantuan pembangunan sentra pengolahan beras terpadu (SPBT) kepada gabungan kelompok petani bersama (Gapoktan) pada Oktober 2017. Kemudian, Bank Mandiri membantu membentuk PT Mitra Desa Pamarican (PT MDP), yang sahamnya dimiliki Gapoktan, Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), dan anak usaha BUMN (PT Mitra Bumdes Nusantara). Pengelolaan ini membuat proses bisnis lebih profesional dan akuntabel.

Dari sisi permodalan, Bank Mandiri menggulirkan KUR untuk petani membeli bibit, pupuk, obat hama, maupun alat pertanian lainnya.

Baca Juga  Wamenkeu Tegaskan Indonesia Dukung Reformasi Kebijakan Ekonomi Hijau di CFMCA Laos

“Dukungan pembiayaan yang terjangkau akan melipatgandakan manfaat yang bisa diperoleh dari program Kewirausahaan Petani. Kami berharap dukungan ini dapat mendukung pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani, terutama di masa pandemi,” jelas Darmawan saat mendampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam kunjungan kerja ke SPBT Pamarican, Minggu (13/6).

Program Kewirausahaan Petani telah melibatkan 14 gabungan kelompok tani di Kecamatan Pamarican. Adapun penyaluran KUR untuk petani di Pamarican hingga Mei 2021 mencapai Rp 22,81 miliar dengan jumlah debitur mencapai lebih dari 1.400 petani. Secara nasional, di periode yang sama, KUR Bank Mandiri bidang pertanian mencapai Rp 4,32 triliun untuk 45.301 debitur atau 27,53 persen dari alokasi.

Baca Juga  Pemerintah dan WRI Indonesia Susun Peta Jalan Dekarbonisasi Industri Nikel

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *